Kabar Gembira Vaksin Cpvid-19, Bos Medco Ramal Harga Minyak Akan Pulih

Image title
8 Desember 2020, 14:14
medco energi, hilmi panigoro, vaksin virus corona, harga minyak
Arief Kamaluddin | Katadata
Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro mengatakan harga minyak akan pulih tahun depan seiring dengan kemajuan perkembangan vaksin Covid-19.

Perkembangan vaksin Covid-19 cukup positif dalam sebulan terakhir. Bahkan vaksin buatan Sinovac dari Tiongkok telah tiba di Indonesia pada akhir pekan lalu. Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro berharap hal itu akan mengakhiri pandemi dan memperbaiki harga minyak mentah dunia.

Prediksinya pada kuartal III tahun depan, harga minyak bisa berada di level US$ 50 hingga US$ 60 per barel. “Asalkan distribusi vaksin virus corona berjalan lancar, permintaan bisa balik lagi,” kata Hilmi dalam diskusi secara virtual, Selasa (8/12). 

Advertisement

Pandemi Covid-19, menurut dia, telah menekan bisnis industri minyak dan gas bumi alias migas. Permintaan bahan bakar melemah sehingga harga emas hitam pun ikut tertekan. 

Level terendahnya, seperti terlihat pada grafik Databoks di bawah ini, sempat menyentuh minus US$ 37,63 untuk minyak mentah acuan Amerika Serikat, yaitu West Texas Intermediate. Peristiwa ini terjadi pada 20 April lalu, ketika virus corona mulai menginfeksi dunia. 

Permintaan dan harga minyak yang belum pulih hingga sekarang, memaksa Medco menentukan skala prioritas. Hilmi mengatakan, perusahaan terpaksa memangkas belanja modalnya tahun ini. “Target produksi migas kami turunkan sedikit, dari 115 ribu barel ekuivalen minyak per hari (BOEPD) menjadi 100 hingga 105 ribu barel ekuivalen minyak per hari,” ujarnya. 

Meskipun banyak perusahaan migas dunia mulai bertransformasi ke energi baru terbarukan, namun kebutuhan minyak domestik masih akan cukup besar. Saat ini kebutuhannya sekitar 1,6 juta barel per hari. Produksi dalam negeri hanya berkisar di angka 700 ribu barel per hari.

Karena itu, perusahaan akan tetap menggenjot bisnis hulu migasnya. “Kami masih akan agresif melakukan ekspansi, baik melalui akuisisi maupun eksplorasi,” kata Hilmi. 

Imbas dari pandemi Covid-19, pada kuartal III tahun ini Medco merugi US$ 130,11 juta (sekitar Rp 1,8 triliun). Padahal, di periode yang sama tahun sebelumnya perusahaan meraih untung US$ 19,27 juta.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement