Jelang Tutup Tahun, Chevron Akan Mengebor Blok Rokan Pekan Ini

Image title
21 Desember 2020, 17:09
blok migas, migas, chevron, skk migas, blok rokan, pertamina
Dok. Chevron
Ilustrasi. PT Chevron Pacific Indonesia bakal melakukan pengeboran sumur di Blok Rokan pada pekan ini.

Jelang tutup tahun, PT Chevron Pacific Indonesia bakal melakukan pengeboran sumur di Blok Rokan pada pekan ini. Pengadaan alat pengeboran, berupa rig, telah disiapkan.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan rig pengeboran telah berada di lokasi. "Masih menunggu persetujuan adendum amdal (analisis dampak lingkungan) esok dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM),” katanya kepada Katadata, Senin (21/12),  

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji menyampaikan proses alih kelola antara Chevron dan Pertamina berjalan cukup baik. Blok migas di Provinsi Riau itu masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan. 

Dalam alih kelola tersebut Pertamina berpotensi menghadapi tantangan serupa dengan Blok Mahakam, yaitu penurunan poroduksi. Target produksi minyak siap jual (lifting) Blok Rokan dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Bahkan tahun ini hanya sebesar 170 ribu barel minyak per hari (BOPD), turun dibandingkan realisasi 2019 yang mencapai 190 ribu barel per hari dan 2018 sebesar 209 ribu barel per hari.

Pertamina Hulu Energi menargetkan produksi Blok Rokan bisa mencapai 200 ribu barel per hari setelah alih kelola rampung Agustus tahun depan. Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip mengatakan pihaknya akan langsung melakukan pengeboran.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...