Varian Baru Covid-19 Muncul, Harga Minyak Turun Lebih 2%

Sorta Tobing
22 Desember 2020, 11:04
harga minyak, brent, wti, covid-19, virus corona
Katadata
Ilustrasi. Harga minyak turun pada awal perdagangan pagi ini, Selasa (22/12).

Harga minyak turun pada awal perdagangan pagi ini, Selasa (22/12). Penyebaran cepat varian baru Covid-19 di Inggris memicu hal tersebut.

Melansir dari Bloomberg, harga minyak Jenis Brent melemah 0,41% menjadi US$ 50,70 per barel. Lalu, harga minyak acuan Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI), turun 2,77% menjadi US$ 47,74 per barel pada pukul 10.32 WIB. Padahal, sepekan sebelumnya keduanya mencetak rekor tertinggi dalam sembilan bulan terakhir. 

Kemarin, kedua kontrak minyak tersebut turun hampir 3%. Pemerintah Inggris memperingatkan varian baru virus corona itu menyebar jauh lebih cepat dari jenis sebelumnya. India, Pakistan, Rusia, Yordania, dan Hong Kong lalu bergabung bersama negara Eropa lainnya untuk menangguhkan perjalanan dari Inggris. 

Padahal, Inggris saat ini sedang melakukan kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa. “Ini mimpi buruk sebelum Natal,” kata Kepala Strategi Pasar Axi, Stephen Innes, dikutip dari Reuters

Di saat yang sama, nilai dolar AS sedang menguat. Komoditas minyak menjadi kurang menarik bagi pembeli yang memegang mata uang lain. “Risiko penurunan lebih besar daripada kenaikan, sampai kami lebih memahami bagaimana politisi bereaksi pada 2021. Apakah akan ada lockdown lagi?” ujar Innes.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...