Sepanjang 2020, Tim PDKB PLN Selamatkan Rp 253,6 miliar

Image title
23 Desember 2020, 13:39
pln, pdkb, zulkifli zaini, listrik
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN tahun ini menyelamatkan 300 gigawatt hour (GWh) dalam pemeliharaan jaringan listrik tanpa pemadaman.

Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN tahun ini menyelamatkan 300 gigawatt hour (GWh) dalam pemeliharaan jaringan listrik tanpa pemadaman. Jumlah ini setara Rp 253,6 miliar. 

Ketua Komisi PDKB PLN Bima Putra Jaya menyebut kegiatan pemeliharaan tanpa padam tersebut dilakukan baik di tegangan tinggi maupun tegangan menengah. “Capaiannya tidak kurang dari 4800 titik,” ujar dia secara virtual, Rabu (23/12).

Advertisement

Tim tersebut merupakan pasukan elite PLN yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, penggantian isolator dan konduktor maupun komponen lainnya tanpa pemadaman. 

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan mandat utama perusahaan adalah menjaga keandalan listrik tanpa padam. Pekerjaan PDKB merupakan jantung utama perusahaan dalam melayani pelanggan.

Ia mengapresiasi kinerja PDKB yang terus menjaga keandalan listrik di seluruh wilayah Indonesia. "Apresiasi kami dan rasa hormat kami kepada seluruh PDKB PLN," ujarnya.

Untuk meningkatkan layanan pelanggan, Zulkifli menyebut perusahaan sedang mengembangkan digitalisasi, baik untuk sistem transmisi maupun distribusi. Dengan begitu, harapannya tidak ada lagi pemadaman karena perbaikan jaringan. 

PDKB akan menjadi model bisnis baru yang memiliki nilai jual untuk mendukung transformasi PLN. Tim ini akan menjadi pelopor layanan tanpa padam. "Sehingga perlu dikembangkan menjadi tenaga profesional dan memiliki daya saing di kancah internasional," kata Zulkifli.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement