Menakar Peluang Kenaikan Produksi dan Ekspor Batu Bara

Image title
11 Januari 2021, 19:05
harga batu bara, kementerian esdm, arifin tasrif, ekspor batu bara, apbi, adaro, arutmin
Kristaps Eberlins/123RF
Ilustrasi. Di tengah kenaikan harga batu bara, pemerintah berencana menggenjot produksi dan kuota ekspornya.
  • Harga batu bara mulai pulih dan pemerintah berencana menaikkan produksi serta kuota ekspornya.
  • Tiongkok sebagai importir batu bara terbesar dunia memegang peran penting dalam pergerakan harga batu bara di 2021.
  • Kenaikan harga batu bara dianggap hanya sementara sehingga pemerintah tidak perlu bereaksi berlebihan.

Harga batu bara membaik. Setelah terpukul tahun lalu karena penurunan konsumsi di tengah pandemi Covid-19, kini harganya perlahan-lahan naik. Pemerintah lalu berencana menggenjot produksi dan kuota ekspor emas hitam tersebut di 2021. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pemerintah sedang mengevaluasi kebijakan kuota tersebut. Kebutuhan dalam negeri tetap menjadi prioritas. “Kalau tren harganya bagus, kami akan evaluasi kembali (kebijakan ekspor),” kata dia pada pekan lalu. 

Advertisement

Target produksi batu bara tahun ini sebanyak 550 juta ton, serupa dengan 2020. Dari angka itu, pemanfaatan untuk domestik atau domestic market obligation (DMO) mencapai 137,5 juta ton atau naik 4,16% dari realisasi tahun lalu. 

PT Arutmin Indonesia yang tahun lalu baru saja mendapat perpanjangan izin usaha pertambangan khusus atau IUPK memilih tetap mengacu pada rencana kerja dan anggaran biaya alias RKAB yang telah lama. “Kami masih mengikuti rencana produksi yang tertera,” ujar General Manager Legal & External Affairs Arutmin Indonesia Ezra Sibarani kepada Katadata.co.id, Senin (11/1). 

Begitu pula dengan PT Adaro Energy Tbk. "Panduan untuk 2021 akan kami sampaikan ke publik bersamaan dengan laporan kuartal empat 2020," ujar Head of Corporate Communication Adaro Energy Febriati Nadira.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengatakan kondisi harga batu bara yang membaik menjadi kesempatan perusahaan untuk memperbaiki kinerjanya. "Tentunya sejalan dengan strategi masing-masing perusahaan dan kendala-kendala yang dihadapi," ujarnya.

Perusahaan dapat mengajukan revisi RKAB di pertengahan tahun ke pemerintah untuk dievaluasi. Semua kontrol itu sekarang berada di pemerintah pusat. “Sejalan dengan ditariknya pemberian izin pertambangan dari daerah ke pusat,” kata Hendra. 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral baru-baru ini menetapkan harga batu bara acuan (HBA) mengalami kenaikan 27,14% atau US$ 16,19 per ton menjadi US$ 75,84 per ton dibandingkan Desember tahun lalu.

Kenaikan ini membuat pergerakan harganya menuju level psikologis baru setelah mengalami tekanan sepanjang 2020 akibat pandemi Covid-19. Rata-rata HBA di tahun 2020 hanya sebesar US$ 58,17 per ton yang terendah sejak 2015.

Pada awal Januari 2020, harga batu bara dibuka pada angka US$ 65,93 per ton. HBA sempat menguat sebesar 0,28% di angka US$ 67,08 per ton pada Maret dibanding Februari yang sebesar US$ 66,89 per ton. Namun kemudian terus melorot pada April hingga September dan sempat menanjak dalam tiga bulan terakhir, periode Oktober-Desember. Berikut Databoks pergerakan harga batu bara pada tahun lalu.

Penerimaan dari Sektor Minerba Akan Tumbuh

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet mengatakan permintaan komoditas tambang berpeluang naik seiring pulihnya perekonomian Tiongkok, pasar utama ekspor batu bara RI. Harganya pun akan ikut terkerek naik. 

Proyeksinya, tahun ini penerimaan negara, khususnya sektor mineral dan batu bara alias minerba, dapat tumbuh positif di kisaran 10% sampai 15%. Angkanya, mengacu pada realisasinya sampai November 2020, sekitar Rp 20 triliun sampai Rp 21 triliun. Tahun lalu penerimaan negara dari sektor minerba mengalami kontraksi hingga 20%. 

Ekspor tambang merupakan penyumbang ekspor terbesar kedua di negara ini, setelah produk industri. Karena itu, dengan peningkatan ekspornya maka ikut mengerek sektor pertambangan. “Belum lagi proporsi pajaknya. Pertambangan merupakan lima besar sektor penyumbang pajak terbesar di Indonesia,” kata Yusuf. 

Dalam proses pemulihan ekonomi tahun ini, menurut dia, pemerintah pasti melakukan segala upaya untuk mendorong penerimaan negara. Ekspor masih diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih positif. 

Melansir data Bloomberg, harga emas hitam ini sempat menyentuh rekor tertinggi US$ 85,5 per ton pada tahun lalu. Analis sekaligus pendiri Ellen May Trade (EMTrade) Ellen May mengatakan koreksi tersebut masih wajar dari harga terendahnya pada September sebesar US$ 48,50 per ton.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement