Permudah Layanan, PT Pembangkit Jawa-Bali Luncurkan PJB Access

Image title
12 Januari 2021, 12:39
pjb, pln, pjb access, new pln mobile, pembangkit listrik
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. PT Pembangkit Jawa-Bali meluncurkan platform PJB Access.

PT Pembangkit Jawa-Bali meluncurkan platform PJB Access untuk memberikan kemudahan informasi ke seluruh pelanggannya. Pelaksana Tugas Direktur Utama PJB Sugiyanto mengatakan aplikasi tersebut mengintegrasikan enam layanan unggulan perusahaan listrik tersebut.

Termasuk dalam layanan itu adalah teknologi untuk memantau, menganalisis, dan mendiagnosis kondisi pembangkit listrik secara otomatis. Perusahaan menyebutnya i-CORE.

Pemantauannya akan melalui sensor yang terpasang pada unit pembangkit. Hasilnya akan berupa rekomendasi, misalnya untuk pemeliharaan dan perbaikan, serta menggerakkan peralatan secara otomatis.

PJB Access juga memiliki layanan standarisasi pembangkit pertama di Indonesia atau EAM. Lalu, PJB MRO (maintenance, repair, overhaul) untuk menjaga keandalan mesin di pembangkit. 

Ada pula PJB Partnership, layanan kerja sama dengan produsen listrik swasta atau IPP. Berikutnya, PJB Green Energy, sebagai solusi menghadirkan energi hijau, baik melalui panel surya maupun co-firing.

Terakhir aplikasi itu menghadirkan PJB Academy untuk memberikan pelatihan intensif dan eksklusif.  “PJB Access juga mewujudkan tujuan PLN untuk fokus pada konsumen," ujar Sugiyanto dalam peluncuran aplikasi tersebut secara virtual, Selasa (12/1).

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan peluncuran aplikasi ini seiring dengan induk usahanya yang baru saja meluncurkan New PLN Mobile.

Ia mengakui selama ini pelayanan PLN masih kurang optimal. Proses bisnisnya masih berbelit-beli. Harapannya, New PLN Mobile dapat memangkas proses tersebut. “Sehingga pelanggan dapat dilayani dengan lebih cepat dan baik,” kata Darmawan. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...