Batal Dibangun, ESDM Kaji Ulang Proyek Kilang Bontang

Image title
18 Januari 2021, 18:28
Kementerian ESDM, kilang Bontang, Pertamina, BBM
Katadata | Dok.
Ilustrasi. Kilang Bontang batal dibangun.

Pembangunan kilang baru di Bontang, Kalimantan Timur, sulit terealisasi. Kurangnya lahan menjadi salah satu persoalan. Padahal, Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 menyebut kilang tersebut masuk dalam daftar paling atas proyek strategis nasional alias PSN.

Direktur Pembinaan Program Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Soerjaningsih mengatakan kilang Bontang rencananya akan dibangun di lahan milik pemerintah. Namun, ternyata area tersebut masih tak mencukupi luasnya. 

Advertisement

Kementerian ESDM tengah mengkaji ulang proyek tersebut. Kesepakatan kerja sama antara Pertamina dengan Overseas Oil and Gas LLC (OOG) telah berakhir pada tahun lalu. “Ini masih kajian khusus,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (18/1).

Proyeksi permintaan atau konsumsi bahan bakar minyak atau BBM ini akan berpengaruh besar terhadap kelanjutan proyek itu. Dengan beroperasinya kilang Tuban, Balikpapan, Cilacap, dan Balongan serta Dumia dalam waktu dekat, kebutuhan BBM diprediksi akan tercukupi.

Meskipun impor BBM masih terjadi tapi jumlahnya nanti tidak akan sebesar sekarang. “Dengan operasional kilang Balikpapan tahap I pada 2022 disusul kilang lainnya, maka impor nanti tidak terlalu besar,” kata Soerjaningsih. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement