Dirjen Migas: Pengurasan Minyak di Blok Rokan Tak Hanya Soal Formula

Image title
18 Januari 2021, 19:31
blok rokan, lapangan minas, pertamina, chevron, kementerian esdm, dirjen migas, tutuka ariadji, skk migas
ANTARA FOTO/Aguk Sudarmojo
Ilustrasi. Dirjen Migas Tutuka Ariadji menyebut penerapan teknologi pengurasan minyak atau EOR Blok Rokan bukan hanya persoalan formula.

Penerapan teknologi pengurasan minyak atau enhanced oil recovery (EOR) di Lapangan Minas, Blok Rokan, Riau, tak melulu persoalan formula. Pola injeksi juga menjadi hal yang penting.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengatakan, EOR bukan teknologi mudah. Pertamina, selaku operator pengganti Chevron, harus memiliki ketrampilan khusus. 

Advertisement

Pertamina diperkirakan tak bisa memanfaatkan langsung hasil riset Chevron terkait EOR Lapangan Minas. Perusahaan asal Amerika Serikat itu bukan tidak mau memberikan formulanya meskipun alih kelola rampung pada Agustus 2021. Namun, pembuatannya merupakan urusan business to business. “Jadi, keduanya harus berdiskusi secara b-to-b,” kata Tutuka dalam konferensi pers secara virtual, Senin (18/1). 

Apabila Pertamina tak kunjung memperoleh formula tersebut, maka perusahaan harus melanjutkan kembali studinya. “Hal ini memerlukan waktu yang tidak sebentar dan investasi yang tidak sedikit,” ujarnya. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto meminta agar proses kajian untuk mencari formula EOR di Blok Rokan dapat segera dilakukan. "Ada empat formula, yang tiga diberikan (Chevron), yang satu enggak. Ya sudah diambil saja inti dari tiga campuran ini," ujar dia.

Ia yakin Indonesia mampu menemukan formulanya karena memiliki pusat penelitian dan pengembangan teknologi minyak dan gas bumi. Misalnya, Lemigas, PT LAPI Laboratories, dan Institut Teknologi Bandung. "Kita punya banyak expert (ahli), duit risetnya bisa dicari. Masa nggak bisa menemukan satu formula yang tidak diberikan oleh Chevron," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement