Badan Geologi: Potensi Logam Tanah Jarang Ditemukan di Lumpur Lapindo

Image title
20 Januari 2021, 18:38
lumpur lapindo, logam tanah jarang, rare earth, badan geologi, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Ilustrasi. Badan Geologi Kementerian ESDM menemukan potensi logam tanah jarang atau rare earth di luapan lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Potensi pengembangan rare earth element (REE) alias logam tanah jarang (LTJ) di Indonesia masih cukup besar. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan adanya potensi kandungan LTJ di dalam lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono mengatakan logam tanah jarang menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini. Jenis mineral ini menjadi salah satu bahan baku utama dalam pengembangan kendaraan listrik domestik. 

Advertisement

Selain di lumpur Lapindo, Badan Geologi juga menemukan komoditas tambang tersebut di wilayah Kalimantan. “Walaupun banyak batu bara, ternyata di sana ada potensi juga,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (20/1). 

Badan Geologi akan terus melakukan survei terhadap mineral tersebut. Berdasarkan data Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi, sebanyak 28 lokasi memiliki potensi kandungan logam tanah jarang. Rinciannya, 16 lokasi tersebar di wilayah Sumatera, tujuh lokasi di kalimantan, tiga lokasi di Sulawesi, dan dua lokasi di Jawa.

Potensi Logam Tanah Jarang RI

Sebagai informasi, pemanfaatan logam tanah jarang mulai santer terdengar ketika Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan pada tahun lalu. Keduanya membicarakan mengenai potensi mineral itu.

Kondisi geografis Indonesia yang terletak di jalur cincin api membuat potensi keberadaan mineral itu sangat besar. Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) dan PT Timah Tbk juga sedang memulai pengembangannya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement