Badan Geologi Rekomendasikan 4 Wilayah Kerja Migas Potensial

Image title
20 Januari 2021, 19:04
badan geologi, wilayah kerja migas, kementerian esdm
Katadata
Ilustrasi. Badan Geologi merekomendasikan empat wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) untuk tahun ini.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merekomendasikan empat wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) untuk tahun ini. Rekomendasi ini nantinya akan ditawarkan ke para investor melalui mekanisme lelang.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono belum mau merinci detail potensi sumber daya dari empat wilayah kerja itu. “Untuk beberapa sumber daya ini masih belum selesai perhitungannya,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/1). 

Advertisement

Keempat wilayah kerja itu adalah Sumatera Tengah (Riau), Banjarnegara (Jawa Tengah), West Madura (Bawean II-Jawa Timur), dan Muna-Buton (Sulawesi Tenggara).

Hingga 2019, Badan Geologi telah merekomendasikan 38 wilayah kerja ke Direktorat Jenderal Migas. Rinciannya, sembilan rekomendasi masing-masing pada 2015 hingga 2018 dan dua rekomendasi di 2019. Dari jumlah itu ada yang telah ditindaklanjuti, ditawarkan ke investor, dan sudah laku.

Kementerian ESDM Akan Lelang 10 WK Migas

Kementerian ESDM tahun ini berencana melelang 10 wilayah kerja migas, setelah pada 2020 tertunda karena pandemi Covid-19. Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji mengatakan pemerintah akan memberikan fleksibilitas pada lelang kali ini.

Investor nantinya dapat memilih jenis kontrak untuk mengembangkan wilayah kerja migasnya. “Yang sebelumnya hanya gross split, bisa menjadi cost recovery, dan bentuk lainnya,” kata Tutuka.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement