PLN dan Pertamina Teken MoU untuk Penyediaan Listrik Blok Rokan

Image title
21 Januari 2021, 16:03
skk migas, blok rokan, pertamina, chevron
Dok. Chevron
Ilustrasi. PLN akan menyediakan listrik jangka panjang untuk Blok Rokan, Riau.

Proses alih kelola pembangkit listrik untuk operasional Blok Rokan di Riau masih terus berlangsung. PLN dipastikan akan memasok kebutuhan listrik untuk jangka panjang. 

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan PLN dan Pertamina telah meneken nota kesepahaman (MoU) untuk penyediaan setrum tersebut. “Untuk jangka pendek, yaitu keperluan transisi, sedang didiskusikan antara Chevron dan Pertamina," ucap Julius kepada Katadata.co.id, Kamis (21/1).

Advertisement

Pembangkit listrik yang masih beroperasi di Blok Rokan saat ini merupakan barang sewa Chevron sehingga tidak termasuk milik negara. Karena itu, pada saat alih kelola Agustus nanti, Pertamina tidak dapat memilikinya. 

Julius memperkirakan Pertamina akan menyewa pembangkit tersebut untuk sementara waktu. “Untuk jangka panjangnya akan suplai sendiri dari PLN," ujarnya. 

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan masih ada satu pembahasan soal blok migas itu, yakni pasokan listrik. “Perlu ada negosiasi dan sedang ditawarkan secara publik juga. Mereka memakai konsultan JP Morgan,” katanya pada Selasa lalu. 

PLN juga sedang berupaya masuk dalam pembangkit tersebut. Anggota Komisi VII DPR Muhammad Nasir mendorong perusahaan setrum negara itu dapat memilikinya.

Apalagi, kondisi kelistrikan saat ini sedang mengalami kelebihan pasokan. “Suruh angkut saja barangnya (pembangkit). Kami minta ketegasan di Blok Rokan,” ucapnya. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement