Bos Pertamina Ungkap Rencana IPO & Laba US$ 1 Miliar di Tengah Pandemi

Image title
4 Februari 2021, 13:58
pertamina ipo, laba bersih pertamina, bumn, ipo, bursa, saham
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan perusahaan bakal melepas saham anak usahanya ke lantai bursa pada semester dua tahun ini.

Pertamina bakal mencatatkan saham anak usahanya di bursa saham pada semester dua tahun ini. Direktur Utama Nicke Widyawati mengatakan langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan transparansi dan profesionalitas perusahaan.

Namun, ia tidak merinci rencana IPO (initial public offering) tersebut. “Di triwulan III atau IV 2021 kami akan IPO salah satu unit bisnis,” ujarnya dalam acara CNBC Energy Outlook, Kamis (4/2). 

Saat ini perusahaan tengah mengejar proses usaha yang efisien. “Akhirnya ini dapat meningkatkan affordability (keterjangkauan) energi kami, juga ke masyarakat,” ucap Nicke. 

Rencananya, Pertamina akan melakukan konsolidasi dan unconventional growth dengan aksi merger dan akuisisi (M&A) untuk subholding-nya. Di sektor hulu, perusahaan bakal menempuh langkah akuisisi dan divestasi. 

Pertamina juga akan mencari partner dengan pemain global untuk meningkatkan produksi migas nasional. Perusahaan juga terus menggenjot sektor energi baru terbarukan atau EBT. “Kami akan kosolidasi dengan badan usaha milik negara (BUMN) lain untuk meningkatkan energi hijau, khususnya panas bumi, biomassa, biogas, dan tenaga surya,” katanya. 

Pandemi Covid-19 pada tahun lalu telah membuat konsumsi bahan bakar minyak atau BBM Pertamina turun hingga 25% dibandingkan 2019. Tapi perusahaan tak mencatat kerugian.

Pertamina tetap mencatat kinerja keuntungan yang positif. Laba bersihnya mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun. “Kami meningkatkan produktifitas hulu migas dan kilang, serta efisiensi di semua bidang,” ujar Nicke. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...