Harga Minyak Cetak Rekor Tertinggi, Emas Terperosok Lebih 2%

Sorta Tobing
5 Februari 2021, 10:59
harga minyak, harga emas
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Harga minyak mentah global cetak rekor tertinggi dalam setahun terakhir pada perdagangan Jumat (5/2).

Harga minyak mentah dunia mencatat rekor ke level tertinggi dalam setahun pada perdagangan hari ini, Jumat (5/2). Penguatannya didorong komitmen para produsen untuk menahan pasokan dan sinyal positif pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat.

Data Bloomberg pada pukul 10.30 WIB menunjukkan minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 0,71% menjadi US$ 56,63 per barel. Angkanya merupakan yang tertinggi sejak 22 Januari 2020.

Lalu, minyak Brent naik 0,65% menjadi US$ 59,22 per barel. Angka ini juga yang tertinggi sejak 20 Februari tahun lalu. Minyak acuan pasar internasional tersebut telah naik 6% dalam sepekan terakhir. 

Pelaku pasar melihat permintaan bahan bakar di AS naik seiring dengan pulihnya sektor manufaktur. Harapan pemulihan ekonomi juga semakin terasa dengan rencana stimulus pandemi Covid-19 dari Presiden Joe Biden sebesar US$ 1,9 triliun. 

Negara-negara pengekspor minyak dan sekutunya alias OPEC+ juga membuat harga minyak naik. Mereka sepakat memangkas produksi sejak pertengahan tahun lalu. “Disiplin dari OPEC+ benar-benar positif,” kata kepala strategi pasar CMC Markets Michael McCarthy, dikutip dari Reuters.

Pulihnya permintaan Tiongkok juga mendukung pasar. Sebanyak dua tanker minyak mentah dari Laut Utara akan menuju Negeri Panda pada 22 dan 24 Maret nanti. “Ini memberi dampak lebih bullish kepada pasar komoditas,” kata analis Axi, Stephen Innes.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...