Pertamina Siap Operasikan Kapal Tanker Raksasa Kapasitas 2 Juta Barel

Image title
10 Februari 2021, 16:08
pertamina pride, pertamina, vlcc, pahala mansury, nicke widyawati
Pertamina
Pertamina International Shipping (PIS) meluncurkan kapal tanker berkapasitas 2 juta barel bernama Pertamina Pride, Selasa (9/2).

Pertamina, melalui anak usahanya PT Pertamina International Shipping (PIS), meluncurkan kapal tanker very large crude carrier (VLCC) berkapasitas dua juta barel. Kapal ini siap menunjang penyaluran pasokan energi nasional. Ukurannya mencapai 301 ribu deadweight tonnage (DWT) dan bernama Pertamina Pride.

Kapal tanker tersebut mulai dibuat Galangan Japan Marine United (JMU) sejak 2018. Pelayaran perdananya pada 9 Februari lalu setelah melakukan serah terima langsung dari JMU Ariake Shipyar, Jepang.

Advertisement

Duta besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menghadiri acara tersebut secara langsung. Secara daring, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Mansury dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati turut menyaksikannya. 

Nicke mengatakan pengadaan VLCC ini untuk memperkuat rantai pasok perusahaan. "Pembangunan dua unit kapal tipe VLCC bertujuan untuk mengamankan pasokan kebutuhan minyak mentah ke refinery (kilang) Pertamina," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (10/2).

Dengan beroperasinya kapal tersebut, Nicke berharap nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan dengan menangkap peluang bisnis angkutan internasional. Untuk negara dan masyarakat, VLCC itu akan mendorong keandalan suplai dan kelancaran distribusi energi nasional. Pasokan kebutuhan minyak mentah ke Refinery Unit IV Cilacap menjadi lebih aman. Kapasitas daya angkutnya yang besar dapat memperkuat jaminan stok dan ketahanan energi. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement