PGN Tambah 50 Ribu Jaringan Gas untuk Rumah Tangga Tahun Ini

Image title
11 Februari 2021, 17:14
pgn, pipa gas, migas, jargas, jaringan gas, gaskita
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/pras.
Seorang warga menunjukkan cara pembayaran gas PGN sistem daring melalui aplikasi di Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3/2020).

PT Perusahaan Gas Negara Tbk alias PGN bakal menggenjot pembangunan jaringan gas (jargas) tahun ini. Perusahaan bakal mengembangkan 50 ribu jaringan dengan investasi mandiri untuk rumah tangga dan pelanggan kecil (GasKita) di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Karawang, dan Cilegon.

Proyek bernama GasKita COCO (Corporate Owned, Corporate Operate) ini memakai pipa dan dioperasikan oleh PGN. Direktur Komersial Faris Aziz menyebut perusahaan akan mengembangkan layanan gas bumi seperti di Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Eropa.

Advertisement

Gas itu akan disalurkan langsung ke rumah-rumah pelanggan memakai pipa gas yang modern dan ringkas. “Dengan begitu, gasnya selalu siap digunakan kapan pun,” kata Faris dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/2). 

GasKita, menurut dia, Lebih aman karena gasnya memiliki kandungan metana 98% yang mudah terurai di udara apabila terjadi kebocoran. Selain itu, ada piranti kemanan berupa valve atau keran dan sistem alarm untuk mitigasi masalah. 

Apabila terjadi kebocoran, gas bumi akan mengeluarkan aroma dan tidak akan menyebabkan ledakan. Masyarakat dapat melaporkan kendala apapun ke nomor 1500 645 yang siap melayani 24 jam.

Sistem keamanannya juga ditunjang smart meter. Pemakaian gas akan termonitor dan tercatat otomatis secara langsung. Jadi, petugas tidak perlu Datang ke rumah untuk mencatat secara manual. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement