Alih Kelola Makin Dekat, Pertamina Siapkan Program untuk Blok Rokan

Image title
16 Februari 2021, 16:29
blok rokan, chevron, pertamina, blok migas, migas
Chevron
Ilustrasi. Pertamina menyiapkan program untuk mengelola Blok Rokan pada 9 Agustus 2021.

Pertamina menyiapkan program jangka pendek hingga panjang untuk  mengelola Blok Rokan di Riau pada 9 Agustus 2021. Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) RP Yudantoro menyebut ada sembilan bidang yang perusahaan siapkan.

Kesembilan bidang itu meliputi drilling and workover (pengeboran dan pengerjaan ulang sumur), pasokan listrik dan uap, kontrak dan manajemen rantai pasok (SCM), teknologi informasi dan petroteknikal, data transfer, sumber daya manusia, prosedur operasi standar (SOP) dan perizinan, formula kimia untuk teknik pengurasan minyak (EOR), serta aspek lingkungan dan restorasi lahan (ASR). 

Advertisement

Koordinasi intensif sedang perusahaan lakukan bersama SKK Migas dan PT Chevron Pacific Indonesia. “Koordinasinya terutama untuk transisi sembilan Bidang utama tersebut,” kata Yudantoro berdasarkan keterangan tertulis, Selasa (16/2).

Sebagai informasi, Chevron merupakan operator Blok Rokan saat ini. Kontrak pengelolaannya akan berakhir pada Agustus nanti dan beralih ke Pertamina. Blok migas tersebut telah lama menjadi penyumbang produksi siap jual alias lifting minyak nasional.

Kontribusinya mencapai 24% terhadap produksi nasional. Terdapat lima lapangan besar pada blok migas ini, yaitu Duri, Minas, Bangko, Balam South, dan Petapahan. Kelimanya tersebar di kabupaten di Provinsi Riau.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement