Harga Tembaga Cetak Rekor, Minyak Brent Kembali ke US$ 63 per Barel

Sorta Tobing
22 Februari 2021, 11:28
harga tembaga, nikel, komoditas, pertambangan, harga minyak, minerba
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Harga tembaga naik 3% di atas US$ 9 ribu per ton pada pembukaan pedagangan hari ini, Senin (22/2).

Harga tembaga naik 3% di atas US$ 9 ribu per ton pada pembukaan pedagangan hari ini, Senin (22/2). Angka tersebut merupakan yang tertinggi dalam sembilan tahun terakhir.

Peningkatan permintaan di tengah pemulihan pandemi Covid-19 membuat harga komoditas tambang itu naik. Konsumsi diperkirakan akan pulih.

Advertisement

Kenaikannya pun seiring harga nikel karena banyaknya proyek transisi energi dari fosil ke baru terbarukan. “Sentimen pasar saat ini sedang memanas untuk mengantisipasi siklus baru inflasi global,” kata analis Goldtrust Futures Co Jia Zheng, dikutip dari Bloomberg.

Investor Negeri Panda, yang baru kembali dari libur Tahun Baru Imlek, sedang menunggu stimulus dari Amerika Serikat dan Eropa. “Pada dasarnya, permintaan Tiongkok telah melebihi ekspektasi karena pembatasan perjalanan (lockdown) meningkatkan konsumsi,” ujar Jia. 

Perusahaan investasi Goldman Sachs Group Inc pada pekan lalu mengatakan kembalinya Tiongkok dari istirahat selama seminggu telah memicu kenaikan harga komoditas. Namun, pasar sedang menghadapi defisit terbesar dalam satu dekade terakhir, dengan risiko kelangkaan yang tinggi dalam beberapa bulan mendatang. 

Tanda-tanda pengetatan telah muncul di bursa berjangka Londn Metal Exchange. Pola itu terkenal dengan istilah backwardation, yaitu ledakan permintaan di pasar spot yang melampaui pasokan karena persediaan yang menipis. 

Tekanan kurangnya pasokan juga terjadi karena pengurangan produksi di pabrik pemurnian atau smelter Tiongok. Stok yang terlacak pada bursa berjangka Shanghai pun menunjukkan angka terendah dalams atu dekade. 

Pada perdagangan London Metal Exchange pada pagi tadi, tembaga naik ke US$ 9.110 per ton, setelah sempat mencapai US$ 9.187, angka tertinggi sejak 2011. Sedangkan nikel naik US$ 20 ribu per ton.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement