Pertamina Mulai Bangun Kilang Balongan Fase 1

Image title
23 Februari 2021, 13:18
kilang balongan, pertamina, rdmp balongan, adnoc, migas
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Foto udara kawasan Kilang RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. PT Pertamina (Persero) mulai membangun pengembangan kilang tersebut untuk fase 1.

Proses pembangunan refinery development master plan atau RDMP Refinery Unit VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat mulai berlangsung. Proyek  fase 1 ini akan mencakup pekerjaan crude distillate upgrading (CDU) alias peningkatan proses distilasi minyak mentah.

Pertamina telah meletakkan tiang pancang perdananya. Harapannya, proyek ini dapat meningkatkan produksi Kilang Balongan dari 125 juta barel uap per hari (MBSD) menjadi 150 MBSD 

Dengan peningkatan CDU, kilang itu dapat memproses minyak mentah campuran berat (heavy mix crude) maupun minyak mentah ringan (lighter crude oil). Margin Pertamina pun akan meningkat, begitu pula dengan ketahanan energi nasional. 

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengatakan proyek ini bekerja sama dengan PT Rekayasa Industri, PT Rekayasa Engineering, dan PT Enviromate Technology International sejak November 2020.

Dalam pelaksanaan proyek, Pertamina akan tetap mengedepankan keselamatan pekerja proyek di semua lini. Kepatuhan regulasi keamanan dan protokol kesehatan Covid-19 diterapkan secara ketat. 

Selain itu, perusahan juga berkomitmen memberdayakan pekerja lokal. "Semaksimal mungkin menggunakannya sesuai dengan kompetensi yang ada di masyarakat," ujar Ifki dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2).

Pertamina, melalui PT Kilang Pertamina Internasional, terus membangun kerja sama sinergis untuk merealisasikan target perbaikan dan peningkatan (upgrading) kilang-kilangnya.. RDMP RU VI Kilang Balonagan merupakan salah satu proyek strategis nasional.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...