Kementerian ESDM Minta PLN Tekan Susut Jaringan Hingga 9,01% 

Image title
23 Februari 2021, 14:03
kementerian esdm, pln, listrik, susut jaringan, bpp listrik
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong PLN terus meningkatkan efisiensi untuk menekan biaya pokok penyediaan (BPP) pembangkit listrik.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong PLN terus meningkatkan efisiensi untuk menekan biaya pokok penyediaan (BPP) pembangkit listrik. Salah satunya, dengan menekan susut jaringan pada sistem kelistrikan yang pada tahun ini targetnya sebesar 9,01%.

Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Munir Ahmad mengatakan target susut jaringan tenaga listrik pada 2021 diharapkan semakin baik dibandingkan tahun lalu. Target tahunan tersebut menjadi batas atas untuk penetapan realisasi jaringan tenaga listrik.

Advertisement

Susut jaringan yang turun sebesar 1% akan berpengaruh terhadap BPP tenaga listrik sebesar Rp 3,9 triliun."Penurunannya sangat berpengaruh terhadap besaran BPP," ujarnya dalam Webinar Efisiensi Penyediaan Tenaga Listrik PT PLN (Persero),  Selasa (23/2).

Untuk realisasi susut jaringan tenaga listrik, menurut Munir, setiap tahunnya terus mengalami penurunan. Pada 2018 angkanya sebesar 9,55%. Di tahun berikutnya turun menjadi 9,35%. Lalu, realisasinya pada kuartal satu hingga tiga 2020 sebesar 8,39%.

Langkah efisiensi pun sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 9 Tahun 2020. Di dalamnya tertulis, untuk meningkatkan daya saing negara perlu penyediaan tenaga listrik yang kompetitif dan efisien.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement