Pasokan Berlebih, PLN Tetap Tambah Kapasitas Pembangkit di Jawa-Bali

Image title
23 Februari 2021, 14:35
pln, pembangkit listrik, konsumsi listrik
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. PLN pada tahun ini akan menambah kapasitas pembangkit listrik di Jawa, Madura, dan Bali alias Jamali hingga 3 ribu megawatt (MW).

PLN pada tahun ini akan menambah kapasitas pembangkit listrik di Jawa, Madura, dan Bali alias Jamali. Penambahannya mencapai 2.500 hingga 3 ribu megawatt (MW).

Direktur Regional PLN Bagian Jawa Madura dan Bali, Haryanto WS mengatakan pada tahun depan kapasitasnya bakal bertambah lagi sekitar 4 ribu hingga 5 ribu megawatt.

Advertisement

Kondisinya bakal kelebihan pasokan karena konsumsi listrik masih belum membaik di tengah pandemi Covid-19. “Justru akan cenderung over supply. Nah, ini pekerjaan rumah kami untuk meningkatkan permintaannya,” kata Haryanto dalam Webinar Efisiensi Penyediaan Tenaga Listrik PT PLN (Persero), Selasa (23/2).

Kapasitas pembangkit yang beroperasi di Jamali secara total mencapai 40,1 ribu megawatt. Sedangkan, konsumsi listrik nasional mayoritas atau sebesar 70% berasal dari kawasan ini.

Industri Didorong Tak Lagi Pakai Pembangkit Listrik Mandiri

Sebelumnya, Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mendorong industri yang memiliki pembangkit listrik agar beralih menggunakan listrik PLN. Langkah ini sebagai upaya menggenjot serapan listrik yang masih lesu akibat pandemi corona.

Ia mengklaim pasokan listrik PLN dapat diandalkan untuk industri. "Listrik kami sekarang sudah andal karena ada cadangannya," ujar dia beberapa waktu lalu.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement