Harga Emas Naik Tipis usai Pernyataan Gubernur The Fed

Sorta Tobing
24 Februari 2021, 11:46
harga minyak, harga emas, the fed, jerome powell
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Ilustrasi. Harga emas naik tipis.

Harga emas naik tipis pada perdagangan hari ini, Rabu (24/2). Kenaikannya dipicu pernyataan Gubernur Federal Reserve Amerika Serikat Jerome Powell semalam yang mengatakan pemulihan ekonomi masih tidak merata dan jauh dari usai. 

Melansir dari Bloomberg, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di Comex, New York, naik 0,14% menjadi US$ 1.808,5 per troy ons pada pukul 10.54 WIB. Sehari sebelumnya, emas turun tipis 0,14% ke level US$ 1.805,9 per troy ons. 

Advertisement

Powell mengatakan perubahan kebijakan bank sentral AS membutuhkan lebih banyak waktu. Inflasi pun diperkirakan tidak akan naik ke tingkat yang mengganggu.

Ketakutan inflasi sempat meningkat dalam beberapa pekan terakhir karena kenaikan tajam imbal hasil atau yield obligasi. Investor khawatir lonjakan harga akibat stimulus The Fed dapat memaksa bank sentral menaikkan biaya pinjaman jangka pendek. 

Pernyataan Powell menjadi sinyal situasi yang terjadi sekarang di AS belum membahayakan. “Itulah mengapa emas hanya bergerak sedikit, cerminan dolar AS yang sedikit lebih tinggi,” ucap analis OANDA Craig Erlam, dikutip dari Reuters.

Indeks dolar merangkak naik 0,2%, sedikit menjauh dari level terendahnya dalam enam minggu. Kondisi ini membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang di luar greenback

Harga logam mulia diprediksi tidak akan melaju naik. “Pasar masih menunggu lonjakan nyata dalam hal inflasi atau The Fed berbicara tentang pengendalian kurva imbal hasil,” ujar analis IG Market Kyle Rodda.

Kenaikan imbal hasil obligasi telah membuat emas memiliki daya tarik tinggi karena dapat menjadi alat lindung nilai inflasi. Harganya sempat melonjak 1,7% pada awal pekan ini ketika prospke peningkatan inflasi AS mendorong investor menuju aset safe haven

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement