PGN Akan Bangun Infrastruktur Gas di Kawasan Industri Kendal

Image title
24 Februari 2021, 13:26
pipa gas, kawasan industri kendal, pgn, pertagas, pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. PGN masih mengkaji pembangunan pipa gas di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Kawasan Industri Kendal (KIK), Jawa Tengah masih terkendala kepastian ketersediaan gas bumi. Dampaknya, investor terpaksa menunda menanamkan uangnya di sana. 

PT Perusahaan Gas Negara Tbk alias PGN sejak 2016 sudah melakukan kajian terkait permintaan gas di kawasan itu. Dalam studi terbaru, angkanya ternyata cukup besar.

Advertisement

PGN pun terus berkoordinasi dengan pengelola Kawasan Industri Kendal untuk mengetahui total kebutuhan gasnya. “Mereka akan mengirimkan surat resmi kepada kami,” kata Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Redy Ferryanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/2). 

Rencananya, perusahaan akan melayani kebutuhan bahan bakar tersebut melalui infrastruktur jaringan pipa gas Sales & Operation Region III (SOR III). Wilayah ini meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Indonesia Timur. 

Untuk aktivitas niaga gas buminya akan dikelola oleh anak usaha PGN yaitu PT Pertamina Gas Niaga (Pertagas Niaga) dan PT Gagas Energi Indonesia (Gagas).

Rencana ini pun sejalan dengan selesainya pembangunan pipa gas transmisi Gresik-Semarang oleh Pertagas. PGN optimistis dapat merealisasikan kepastian penyaluran gas bumi di Jawa Tengah. 

Jaringan pipa transmisi sepanjang 267 kilometer tersebut akan mengalirkan gas maksimal 400 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD). Pasokannya berasal dari Lapangan Jambaran-Tiung Biru (JTB) milik PT Pertamina EP Cepu. Dengan kehadiran gas bumi, harapannya, kebutuhan bahan bakar gas untuk industri dapat terpenuhi. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement