Produksi Minyak di AS Turun, Harganya Melejit Tembus US$ 67

Sorta Tobing
25 Februari 2021, 11:40
harga minyak, amerika serikat, brent, wti
KATADATA
Ilustrasi. Harga minyak naik, tembus US$ 67 per barel.

Harga minyak terus melonjak karena turunnya produksi dan cadangan minyak Amerika Serikat. Angkanya menembus rekor tertinggi dalam 13 bulan terakhir.

Badan Informasi Energi (EIA) AS menyebut pada pekan lalu produksi minyak mentah turun lebih dari 10% atau satu juta barel per hari. Angkanya menjadi 9,7 juta barel per hari. Lalu, pasokan kilangnya menyentuh level terendah sejak September 2008. 

Advertisement

Cuaca dingin esktrem memaksa sebagian besar jaringan listrik di Texas pada pekan lalu mati total. Operator dan penyulingan minyak terpaksa tutup karena komponen dan jaringan pipa yang membeku. 

Ladang minyak serpih atau shale oil, yang menjadi andalan negara tersebut, sebagian besar berhenti beroperasi. Padahal negara bagian ini menjadi pusat kegiatan industri migas AS. 

Pioneer Natural Resources, salah satu operator shale oil yang besar di Texas dan cekungan Permian di New Mexico, mengatakan mayoritas produksinya telah kembali. “Para CEO dan operator (migas) mengatakan mereka sudah mulai berproduksi lagi,” kata Presiden Permian Basin Petroleum Association Ben Shepperd, dikutip dari Reuters, Kamis (25/2).

Lalu lintas di jalur kapal Houston perlahan-lahan kembali normal. Namun, beberapa terminal masih menghadapi masalah. Sekitar seperempat kapasitas penyulingan nasional saat ini masih menganggur karena membeku

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement