Jelang Alih Kelola, Chevron Selesaikan Penyerahan Data Blok Rokan 

Image title
15 Maret 2021, 11:05
pertamina, chevron, blok migas, migas, skk migas, blok rokan
Katadata
Ilustrasi. PT Chevron Pacific Indonesia telah menyelesaikan penyerahan data Blok Rokan, Riau, kepada SKK Migas.

PT Chevron Pacific Indonesia telah menyelesaikan penyerahan data produksi, eksplorasi, dan pendukung kegiatan operasi di Blok Rokan, Riau, kepada SKK Migas. Langkah ini sejalan dengan proses alih kelola blok migas itu ke PT Pertamina (Persero) pada Agustus nanti.

Manager Corporate Communications Chevron Pacific Indonesia Sonitha Poernomo mengatakan perusahaan juga mulai membagikan data tersebut kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).  "Kami berkomitmen melaksanakan proses transisi Blok Rokan secara selamat, andal, dan lancar," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (15/3).

Advertisement

Harapannya, proses alih kelola Blok Rokan dapat menjadi rujukan bagi peralihan wilayah kerja migas lainnya di Indonesia. Proses penyerahan datanya telah berlangsung sejak Agustus 2020.

Data tersebut termasuk yang berkaitan dengan geologi dan geofisika, perizinan, prosedur standar operasional (SOP), fasilitas produksi, pertanahan, kontrak barang dan jasa, sumber daya manusia dan program pengembangan masyarakat. 

Sebagai informasi, kontrak kerja sama Chevron di Blok Rokan akan berakhir pada 9 Agustus 2021. Perusahaan asal Amerika Serikat ini akan menyerahkan blok migas tersebut kepada Pertamina.

Blok Rokan merupakan salah satu blok migas terbesar di Indonesia. Cakupan areanya melintasi tujuh kabupaten atau kota di Provinsi Riau. Termasuk di dalamnya lima lapangan-lapangan utama yaitu Duri, Minas, Bekasap, Bangko, dan Kotabatak serta banyak lapangan-lapangan yang lebih kecil lainnya.

Untuk menjaga tingkat produksi pada saat transisi, perusahaan juga telah memulai program pengeboran secara incremental pada akhir Desember 2020. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement