PLN Manfaatkan Limbah Batu Bara untuk Konstruksi Hingga Pertanian 

Image title
15 Maret 2021, 18:53
FABA, limbah batu bara, pltu, pln, batu bara
Arief Kamaludin|KATADATA
PLN bakal mengoptimalkan pemanfaatan limbah batu bara (FABA) dari pembakaran pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

PLN bakal mengoptimalkan pemanfaatan fly ash (abu terbang) dan bottom ash (abu padat) alias FABA dari pembakaran pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Limbah batu bara ini akan perusahaan manfaatkan untuk keperluan konstruksi, infrastruktur, dan pertanian.

Langkah ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Aturan turunan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja ini telah mengeluarkan FABA dari kategori bahan berbahaya dan beracun (B3). 

Advertisement

Perusahaan setrum negara itu telah melakukan berbagai uji coba dan mengembangkan agar abu batu bara itu bisa dimanfaatkan. "FABA bisa dimanfaatkan untuk bahan penunjang infrastruktur, seperti jalan, conblock, semen, hingga pupuk,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/3). 

Di PLTU Tanjung Jati B yang berlokasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, limbah FABA telah dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar. Berbekal izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), limbah batu bara itu dapat diolah menjadi batako, paving, dan beton pracetak.

“Hasil olahan dari limbah FABA itu kami manfaatkan untuk merenovasi rumah warga di sekitar PLTU Tanjung Jati B,” kata Agung. Sebagai gambaran, satu rumah bertipe 72 meter persegi yang dibangun membutuhkan sekitar 1.600 batako dan menyerap 11 ton FABA untuk pembuatannya.

Sepanjang 2020, PLTU tersebut telah berhasil menyalurkan 115.778 buah paving dan 82.100 batako dari abu batu bara untuk pembangunan infrastruktur. “Yang terbaru kami salurkan sebanyak 32.600 buah paving untuk renovasi Masjid Darul Muttaqin, Desa Kaliaman, Kembang, Jepara,” ujarnya.

Di PLTU Asam-Asam, Kalimantan Selatan, limbah batu baranya diolah menjadi road base (lapisan jalan). Lalu, PLTU Suralaya, Banten, memanfaatkan FABA sebagai bahan baku batako dan bahan baku di industri semen. Sedangkan PLTU Ombilin, Sumatera Barat, mengolah FABA menjadi campuran pupuk silika. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement