10 Gardu Terdampak, PLN Masih Upayakan Pemulihan Listrik di Indramayu

Image title
29 Maret 2021, 14:16
listrik, pln, pertamina, kilang pertamina, kilang balongan, kilang
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.
Warga mengambil video dengan gawai miliknya saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari.

Perusahaan setrum negara alias PLN hingga saat ini masih terus melakukan pemulihan listrik di wilayah Indramayu, Jawa Barat. Hal ini menyusul insiden kebakaran Kilang Balongan di kabupaten itu yang berdampak pada sepuluh gardu distribusi.

General Manager PLN  Unit Induk Distribusi Jawa Barat Agung Nugraha mengatakan hingga pukul 08.00 WIB hari ini, terdapat satu gardu distribusi yang sudah normal. Kebakaran tersebut berdampak pada 1.078 pelanggan yang mengakibatkan 1.018 pelanggan masih belum berhasil dioperasikan.

Advertisement

PLN pun langsung mengupayakan manuver jaringan dan menerjunkan 17 personil, terdiri dari pegawai dan petugas pelayanan teknis. Selain itu, perusahaan juga melakukan pengamanan aset apabila terjadi hal yang membahayakan, seperti ledakan susulan.

Beberapa lokasi masih dijaga petugas. Jarak yang diperbolehkan adalah radius tiga kilometer. ”Kami terus mengupayakan penormalan jaringan dan bekerja sama dengan pemerintah dan aparat agar listrik kembali menyala,” kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (29/3).

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui kondisi kelistrikan Jawa Barat dapat mengakses informasi layanan dan pengaduan. Pelanggan dapat menggunakan Aplikasi New PLN Mobile yang diunduh melalui Google Playstore atau AppStore, maupun melalui Contact Center PLN 123 yang dapat diakses 24 Jam setiap harinya. 

Kebakaran Kilang Balongan

PT Pertamina (Persero) masih terus mengupayakan pemadaman di Kilang Balongan. Kebakaran terjadi pada tangki T-301G pada pukul 00.45 WIB semalam.

Corporate Secretary Sub holding Refining & Petrochemical (PT Kilang Pertamina International) Ifki Sukarya sebelumnya mengatakan saat ini tim keselamatan, keamanan dan lingkungan (HSSE) masih terus bekerja untuk memadamkannya.

Ia belum dapat memastikan penyebab kebakaran. Namun, pada saat kejadian di lokasi kilang terjadi hujan deras disertai petir.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement