Dampak Kebakaran Kilang Balongan, Pasokan Avtur di 3 Bandara Dialihkan

Image title
29 Maret 2021, 14:31
kilang balongan terbakar, kilang pertamina, pertamina, bbm, avtur
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.
Kepulan asap hitam akibat kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021).

PT Pertamina (Persero) akan mengalihkan pasokan bahan bakar minyak atau BBM jenis avtur di tiga bandar udara utama. Langkah ini sebagai upaya memitigasi berkurangnya pasokan usai terjadi kebakaran di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga (Commercial & Trading) Mas'ud Khamid mengatakan selama ini kebutuhan avtur di tiga bandara dipasok dari Kilang Balongan. Ketiganya adalah Bandara Husein Sastranegara (Bandung, Jawa Barat), Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta), dan Bandara Ahmad Yani (Semarang, Jawa Tengah). 

Advertisement

Untuk sementara, bahan bakar tersebut akan dipasok dari terminal BBM Soekarno Hatta (Banten) dan Kilang Cilacap (Jawa Tengah). “Stok avtur sejauh ini masih mencukupi," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (3/29). Jumlah cadangan bahan bakar untuk pesawat terbang itu mencapai 3,2 juta barel sehingga cukup untuk 74 hari ke depan.

Untuk diketahui, kebakaran Kilang Balongan terjadi pada tangki T-301G pada pukul 00.45 WIB semalam.Pertamina memastikan tidak ada korban jiwa atas insiden kebakaran inni. Namun insiden tersebut mengakibatkan lima orang mengalami luka bakar dan saat ini dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Pertamina.

Selain itu, proses investigasi penyebab kebakaran yang terjadi di tangki BBM di kilang tersebut juga masih terus dilakukan. Selain melibatkan aparat keamanan setempat, perusahaan juga menerjunkan tim untuk pemulihan dan membantu aparat penegak hukum untuk melakukan investigasi.

Ratusan Warga Indramayu Diungsikan

Corporate Secretary Sub holding Refining & Petrochemical (PT Kilang Pertamina International) Ifki Sukarya sebelumnya mengatakan saat ini tim keselamatan, keamanan dan lingkungan (HSSE) masih terus bekerja untuk memadamkan kebakaran Kilang Balongan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement