Kilang Balongan Terbakar, AKR Pastikan Pasokan BBM Tak Terganggu

Image title
30 Maret 2021, 11:24
akr, bbm, kilang balongan terbakar, kilang pertamina, pertamina
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Asap hitam mengepul dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021).

PT AKR Corporindo Tbk (AKR) memastikan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) ke masyarakat tidak akan terganggu. Pasokannya berjalan normal meskipun terjadi kebakaran tangki di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat. 

Direktur AKR Suresh Vembu mengatakan pihaknya selama ini mendapatkan BBM dari berbagai sumber. Produk yang dipasok  berasal dari kilang luar negeri. "Dan dikirim dari terminal perminyakan AKRA di 15 pelabuhan yang tersebar di Indonesia," kata dia dalam keterangannya kepada Katadata.co.id, Selasa 30/3

Kilang Balongan pada tengah malam kemarin meledak dan terbakar. Insiden ini menyebabkan enam orang mengalami luka berat, 29 orang luka ringan, dan seribu warga terpaksa mengungsi. 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan insiden tersebut terjadi di area tangki penyimpanan BBM.Lokasi yang terdampak sekitar dua hektare dari total 180 hektare area kilang. 

Dari 72 tangki dengan total kapasitas 1,35 juta kilo liter (KL), ada empat tangki yang terbakar. Kapasitasnya sekitar 100 ribu kilo liter atau 7% dari total penyimpanan Kilang Balongan. “Kami akan melakukan upaya untuk segera memadamkan api,” kata Nicke. 

Pertamina terus mengupayakan pemadaman api di area terdampak dengan memompa air laut. Perusahaan mendatangkan bantuan pompa submersible dari Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Nicke meminta kepada semua pihak untuk menunggu hasil investigasi Pertamina dengan melibatkan aparat yang berada di lokasi. Perusahaan pelat merah itu juga mengumpulkan semua informasi, baik internal maupun dari masyarakat untuk menjadi bahan investigasi.

Unit Manager Commrel & CSR Pertamina RU VI Balongan Indramayu Cecep Supriyatna mengatakan kebakaran yang melalap tangki di Kilang  Balongan hingga pagi tadi belum padam. Namun, api sudah dapat dilokalisasi agar tidak merambat ke tangki lainnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...