Besok, Ahok Bakal Rapat Bahas Penyebab Kebakaran Kilang Balongan

Image title
31 Maret 2021, 12:30
basuki tjahaja purnama, ahok, kilang, kilang balongan terbakar, kilang pertamina, bbm, nicke widyawati
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Kepulan asap hitam dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021).

Penyebab terbakarnya tangki di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, pada Senin lalu hingga kini masih menjadi tanda tanya. Pertamina menduga ada kebocoran pipa dan sambaran petir yang memicu munculnya ledakan dan api.

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan pihaknya sedang mencari tahu penyebab kebakaran tersebut. Perusahaan pelat merah ini juga telah membentuk tim investigasi. "Sedang kami investigasi. Kamis baru rapat," kata dia singkat kepada Katadata.co.id, Selasa (30/3) malam.

Advertisement

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati sebelumnya meminta kepada semua pihak untuk menunggu hasil investigasi dengan melibatkan aparat melihat langsung ke lokasi. Perusahaan juga mengumpulkan semua informasi, baik internal maupun eksternal, untuk menjadi bahan investigasi.

Nicke menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi di area tangki penyimpanan bahan bakar minyak atau BBM. Lokasi yang terdampak sekitar 2 hektare dari total 180 hektar area Kilang Balongan.

Dari 72 tangki di area kilang dengan total kapasitas 1,35 juta Kilo Liter (KL), ada empat tangki yang terdampak atas insiden tersebut dengan kapasitas 100 ribu kiloliter. Angka ini sekitar 7% dari total kapasitas penyimpanan di Kilang Balongan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement