Pertamina Berhasil Padamkan Seluruh Titik Api di Kilang Balongan

Image title
31 Maret 2021, 16:23
pertamina, kilang balongan, kilang pertamina, kilang. bbm
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc.
Suasana kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021).

Pertamina telah mematikan seluruh kobaran api di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Seluruh titik api pada empat tangki T-301 telah padam pukul 14.35 WIB.

Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto mengatakan, Tim Emergency telah berhasil memadamkan api di T-301H pada pukul 01.30 WIB dini hari. Kemudian disusul T-301E pada pukul 06.44 WIB dan tangki T-301G pada pukul 08.30 WIB.

Untuk memastikan kondisi pemadaman, Pertamina masih terus melakukan pendinginan dan pengawasan hingga seluruh titik dinyatakan aman. Setelah dinyatakan tidak ada potensi api muncul kembali, perusahaan akan bersiap menyalakan kembali operasional kilang.  

"Semoga Kilang Balongan dapat beroperasi kembali setelah inspeksi menyeluruh dilakukan," ujarnya berdasarkan keterangan tertulis, Rabu (31/3).

Seperti diketahui, tangki di kilang minyak atau Refinery Unit (RU) VI Balongan meledak dan terbakar pada pukul 00.45 WIB, Senin lalu. Keberadaannya memiliki peran strategis dan vital dalam menjaga kestabilan pasokan bahan bakar minyak atau BBM ke pusat bisnis. Terutama ke wilayah Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...