MIND ID Belum Putuskan Opsi Pembangunan Smelter Freeport di Halmahera

Image title
31 Maret 2021, 19:03
Area pengolahan mineral PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi. MIND ID menyebut belum ada keputusan terkait pembangunan smelter tembaga Freeport di Weda Bay, Halmahera, Maluku Utara.

Lokasi pabrik pemurnian atau smelter tembaga PT Freeport Indonesia masih tanda tanya. Ada dua opsi yang terbuka saat ini. Pertama, di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Kedua, di Kawasan Industri Weda Bay, Halmahera, Maluku Utara. 

Pembangunan smelter di Jawa Timur telah berjalan. Progres pekerjaannya sejak 2017 hingga 2020 baru sekitar 5,86% dengan total biaya US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,3 triliun. 

Advertisement

“Keputusannya belum diambil. Tetapi yang pasti, di Gresik kami tetap jalan," kata Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR, Rabu (31/2). MIND ID atau PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) merupakan pemegang saham mayoritas Freeport. 

Ada pula opsi lainnya untuk membangun pabrik tersebut, yaitu di Papua. Namun, rencana ini masih tahap pembicaraan awal dengan pemerintah daerah setempat.

Kepala Badan Koordinator Bidang Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengetahui usulan itu dan sudah ada investor tertarik membiayai pembangunan smelter-nya. “Nanti kami tinggal lihat kelanjutannya seperti apa," kata Orias.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement