Tarif dan Rute Bus-Bus Double Decker yang Lintasi Tol Trans Jawa

Sorta Tobing
7 April 2021, 13:33
double decker, bus, organda, transportasi, tol trans jawa
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Ilustrasi. Tarif dan rute bus tingkat atau double decker yang menlintasi Tol Trans Jawa

Selama pandemi Covid-19, operasional perusahaan otobus alias PO menurun drastis. Harapan lonjakan penumpang dari momen Lebaran tahun ini pun pupus setelah pemerintah menerapkan kebijakan melarang mudik.

Para perusahaan otobus mau-tak mau mendukung larangan itu. “Kami menaati kebijakan pemerintah demi meminimalkan penyebaran virus corona,” kata perwakilan Manajemen dari PO Muncul Tutik Andirani di Solo, Selasa (6/4). 

Sebelum pandemi terjadi, Tutik menyebut, operasional perusahaan sudah turun. Pemicunya, ongkos operasional untuk perjalanan dengan bus semakin besar. Tingkat keterisiannya sekitar setengah dari total kapasitas. “Sekarang hanya tinggal seperempat,” katanya. 

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Dewan Pimpinan Cabang Surakarta Joko Suprapto mengatakan pihaknya berharap pemerintah bisa memberi solusi untuk bisnis transportasi darat. “Kalau armada yang beroperasi dulu sampai 1.700, kini tinggal setengahnya,” katanya. 

Namun, kondisi ini tak lantas membuat perusahaan berdiam diri. Beberapa PO terus berinovasi dengan menyediakan layanan premium. Tren teranyar adalah bus tingkat alias double decker.

Kalau dulu bus bertingkat hanya melayani transportasi dalam kota. Kini, keberadaannya untuk perjalanan antar-kota-antar-provinsi. Bus-bus ini memanfaatkan infrastruktur jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan dari Pelabuhan Merak, Banten, sampai Banyuwangi, Jawa Timur. 

Apabila Anda tertarik menjajal bus bertingkat ini, melansir dari berbagai sumber, berikut pilihannya:

1. PO Lorena

Melansir dari Kontan.co.id, Lorena menawarkan Super Executive menggunakan bus tingkat. Untuk tiket Jakarta-Surabaya harganya Rp 370 ribu per penumpang. 

Susunan kursinya adalah 2-2. Penumpang mendapatkan sandaran kaki atau leg rest dan audio video on demand (AVOD) pada setiap kursinya. Perusahaan otobus ini juga menyediakan rute ke berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan kisaran harga Rp 390 ribu sampai Rp 450 ribu.  

2. PO Agramas

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...