THR Segera Cair, Ini Tips Kelola Keuangan Saat Ramadan dan Lebaran

Sorta Tobing
15 April 2021, 12:37
thr, tunjangan hari raya, ramadan, lebaran
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Ilustrasi. Tips mengelola keuangan saat mendapat THR Lebaran.

Sebanyak empat dari sepuluh orang di Indonesia mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan selama Ramadan. Kesalahan yang sering terjadi adalah tidak dapat memilih antara keinginan dan kebutuhan sebagai prioritas.

Certified Financial Planner Finansialku Juan Mahir Muhammad mengatakan, di bulan puasa ini banyak orang justru berlomba-lomba konsumtif. “Karena ada tunjangan hari raya (THR) atau siang tidak makan jadi merasa butuh reward,” katanya dalam diskusi dengan Katadata.co.id, Selasa (13/4). 

Advertisement

Langkah pertama agar momen Ramadan menjadi tidak boros adalah menentukan tujuan. Alokasikan uang sesuai kebutuhan. Lalu, catat seluruh pengeluaran di bulan tersebut. Semakin detail pencatatan, semakin bagus.

Berikutnya, kurangi berbuka puasa di luar rumah. Bulan puasa biasanya undangan buka bersama alias bukber berdatangan. “Di sini banyak yang kecolongan karena sekali bukber minimal Rp 50 ribu. Bayangkan kalau ini dilakukan setiap malam,” ujar Juan. 

Masalah lainnya adalah banyak orang terjebak dengan THR karena nominalnya yang besar sehingga mendorong pula pengeluaran. Padahal, alokasi utama untuk tunjangan ini sebaiknya adalah membayar utang.

Kalau THR tidak mampu menyelesaikan utang, paling tidak alokasikan bujetnya sekitar 40% hingga 50%. Alokasi kedua adalah untuk dana darurat. “Kalau terjadi pandemi seperti ini jadi kita sudah siap,” Katanya. 

Penempatan berikutnya adalah menyisihkan THR untuk zakat, infak, dan lainnya. Terakhir, berkomitmen dengan pencatatan keuangan. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement