Menkes, KSAD TNI, & BPOM Sepakat Hentikan Uji Klinis Vaksin Nusantara

Sorta Tobing
19 April 2021, 16:20
vaksin nusantara, bpom, tni, ksad tni, andika perkasa, penny lukito, budi gunadi sadikin, vaksin nusantara
ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/wsj.
Ilustrasi.

Uji klinis vaksin Nusantara dihentikan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito sepakat menghentikan pengujiannya pada siang tadi, Senin (19/4).  

Ketiganya setuju hanya penelitian sel dendritik berbasis pelayanan untuk diri pasien sendiri yang dapat berlanjut. Penelitian ini tidak untuk kepentingan komersialisasi vaksin masal, sehingga tidak perlu izin edar 

Advertisement

"Jadi, ini akan diperlakukan sebagai penelitian yg bersifat privat dan bukan kelanjutan dari uji klinis selama ini," ujar salah seorang sumber kepada Katadata.co.id. "Karena itu, penelitian di Rumah Sakit Umut Pusat (RSUP) Dokter Karyadi pun tidak lagi dilanjutkan, hanya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto."

BPOM nantinya hanya memberikan pedoman untuk melaksanakan penelitian tersebut. Lalu, Kementerian Kesehatan melakukan pengawasan dan pembinaan mengenai sel dendritik untuk menambah kekebalan tubuh dari virus SARS-CoV-2 alias Covid-19.

TNI sebelumnya telah  menyatakan vaksin Nusantara yang dikembangkan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bukan merupakan programnya. "Vaksin Nusantara bukan program kami," kata Kepala Pusat Penerangan Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI Achmad Riad saat jumpa pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, pagi tadi.

Pihaknya siap mendukung berbagai inovasi vaksin dan obat-obatan asalkan memenuhi tiga syarat BPOM. Ketiganya adalah aspek keamanan, efikasi, dan kelayakan.

Infografik_Polemik vaksin nusantara besutan terawan
Infografik_Polemik vaksin nusantara besutan terawan (Katadata)

Kontroversi Vaksin Nusantara

Sel dendritik kerap dipakai untuk pengobatan kanker. Dalam dunia kedokteran, sel dendritik merupakan sel imun yang terbentuk di luar tubuh dengan antigen khusus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement