Kasus Jemaah Pakai Masker Diusir, Ini Protokol Kesehatan Di Masjid

Sorta Tobing
3 Mei 2021, 16:59
masker, jemaah, masjid, bekasi, protokol kesehatan, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Lim Huey Teng/WSJ/sa.
Ilustrasi. Protokol kesehatan di masjid selama pandemi Covid-19.

Masjid Al Amanah di Jalan Kampung Tanah Apit, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat menjadi sorotan. Dalam video yang beredar di dunia maya, terlihat pengurus tempat ibadah ini mengusir seorang yang sedang salat karena memakai masker.

Melansir dari Antara, polisi sudah sering menegur pengurus masjid itu untuk masalah yang sama. "Soal kejadian video viral itu, sudah kita ingatkan dan tegur keras itu," kata Kepala Kepolisan Sektor Medan Satria Kompol Agus Rohmat di Bekasi, Senin (3/5).

Dia mengatakan peristiwa yang sempat terekam dan menjadi viral belakangan ini terjadi pada Selasa pekan lalu pukul 14.30 WIB. Pengurus masjid bernama Ustaz Abdurohman sudah sering ditegur.

Kepolisian bahkan kerap kerap memberikan masker dan disinfektan. "Waktu itu sudah ada perubahan. Kemarin ada kejadian ini saya kaget juga, dan saya langsung tegur dan mediasi kedua belah pihak," ujarnya.

Kejadian ini, menurut dia, akan menjadi yang terakhir. Pengurus masjid tidak boleh lagi melarang jamaah memakai masker melainkan harus mewajibkannya karena saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19

Pengurus masjid beralasan tempat ibadahnya terlindung dari penyebaran virus corona. "Saya memang menerapkan peraturan larangan masker di masjid karena tidak mau menyamakannya dengan pasar," kata Ustaz Abdul Rahman, dikutip dari Kompas.com.

Survei dari koalisi warga LaporCovid-19 dan Social Resilience Lab Universitas Teknologi Nanyang (Singapura) menunjukkan, tokoh agama menduduki posisi kedua dengan skor 3,8 sebagai sumber informasi terpercaya untuk virus corona. Di posisi puncak adalah dokter atau pakar kesehatan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...