Bill Gates dan Melinda Putuskan Bercerai, Ini Daftar Kekayaannya

Sorta Tobing
5 Mei 2021, 15:53
bill gates, microsoft, melinda gates, cerai
Instagram/BillGates
Miliarder Bill Gates dan istrinya, Melinda, memutuskan bercerai setelah 27 tahun menikah.

Pasangan miliarder Bill Gates dan Melinda memutuskan bercerai setelah menikah 27 tahun. Perpisahan ini meninggalkan berbagai pertanyaan, terutama terkait pembagian kekayaan kedua belah pihak.

Sampai sekarang belum jelas soal pembagian harta tersebut. Melansir Forbes, kekayaan Bill Gates saat ini mencapai US$ 130,5 miliar (sekitar Rp 1.884,3 triliun) dan menjadikannya orang terkaya keempat dunia.

Advertisement

Gates merupakan salah satu pendiri Microsoft pada 1975. Ia pertama kali menjadi orang terkaya dunia dengan US$ 12,9 miliar pada 1995 alias satu tahu setelah menikah dengan Melinda. 

Selama ini mereka tinggal di rumah mewah di Washington, Amerika Serikat. Aturan negara bagian tersebut adalah semua aset yang diperoleh salah satu pihak selama pernikahan dianggap komunal. Artinya, harta suami-istri akan dibagi rata selama proses perceraian jika tidak ada perjanjian pranikah. 

Apabila pasangan Gates memutuskan untuk membagi kekayaannya secara merata, Melinda akan mendapatkan US$ 65,25 miliar. Angkanya lebih besar dari Mackenzie Scott, mantan istri pendiri Amazon, Jeff Bezos, yang sebesar US$ 59,8 miliar. 

Melinda diperkirakan dapat menjadi perempuan terkaya nomor dua dunia dengan pembagian harta seperti itu. Posisinya di bawah Françoise Bettencourt Meyers, pemilik brand kecantikan L’Oreal, dengan harta mencapai US$ 83 miliar. 

Daftar Harta Kekayaan Bill Gates

Apa saja harta yang dimiliki oleh pasangan Gates? Berikut daftarnya, melansir dari berbagai sumber:

1. Yayasan amal

CNBC menuliskan, saham Bill di Microsoft saat ini sekarang sekitar 19,6% dari kekayaannya. Wealth-X, sebuah perusahaan data dan intelijen kekayaan bersih global, menyebut angkanya sekitar US$ 26,1 miliar.

Sebagian besar uang Gates sekarang ada di Bill and Melinda Gates Foundation. Namun, jumlah pastinya tidak pernah terungkap ke publik. Reuters sempat menyebut pasangan ini mendanai lebih US$ 36 miliar ke yayasan antara 1994-2018. Dalam blog pribadinya pada 2019, pasangan Gates menulis telah memindahkan saham Microsoft senilai $ 20 miliar ke yayasan tersebut.

Yayasan ini berdiri sejak 2000 di Seattle, AS. Fokus kegiatannya adalah kesehatan masyarakat, pendidikan, dan perubahan iklim. Hibahnya termasuk US$ 1,75 miliar untuk inisiatif vaksin dan penelitian selama pandemi Covid-19. Pada 2019, yayasan ini memiliki aset bersih lebih US$ 43 miliar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement