Kapan Lebaran dan Bagaimana Penentuannya?

Sorta Tobing
11 Mei 2021, 15:50
lebaran, kapan lebaran, ramadan, kementerian agama, muhammadiyah, idul fitri
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Ilustrasi. Pengamatan hilal untuk menentukan Idul Fitri atau Lebaran 2021.

Dalam hitungan hari, umat muslim akan merayakan Idul Fitri alias Lebaran 2021. Nanti sore, Selasa (11/5), Kementerian Agama menggelar sidang isbat penentuan awal Syawal 1442 Hijriah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memipin langsung sidang isbat tersebut. Di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaannya akan berlangsung secara luring dan daring.

Advertisement

Masyarakat dapat menyaksikan langsung proses isbat melalui siaran langsung TVRI dan media sosial Kementerian Agama.

"Undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, serta sejumlah duta besar negara sahabat dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas),” kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin pada pekan lalu. 

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah pada Kamis, 13 Mei 2021. Keputusan ini Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah. 

Dasar penetapan 1 Syawal itu berdasarkan hasil pemantauan hilal ijtimak atau konjungsi antara matahari dan bulan jelang Syawal 1442 H terjadi pada Rabu, 12 Mei 2021 pukul 02.03.02. WIB.Hilal sudah terwujud saat terbenam matahari di Yogyakarta. 

Pada saat terbenam matahari, bulan berada di atas ufuk. Kemunculan hilal tersebut menandai 1 Syawal 1442 H jatuh pada keesokan harinya.

Pada saat matahari terbenam, data tinggi bulan adalah 5 derajat 31 menit. “Artinya, ketika matahari terbenam, bulan masih di atas ufuk belum terbenam dengan ketinggian 5 derajat 31 menit," ujar pakar falak Muhammadiyah Oman Fathurrahman.

Situs Brittanica menyebut konjungsi merupakan pertemuan nyata atau lewatnya dua atau lebih benda langit. Peristiwa ini terjadi ketika matahari dan bulan berada segaris di bidang ekliptika yang sama. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement