Pesan Lebaran Menkes: Jaga Orang yang Dicintai dari Penularan Covid-19

Image title
Oleh Antara
13 Mei 2021, 13:11
lebaran, doni monardo, menkes, budi gunadi sadikin, covid-19, mudik, larangan mudik
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Sejumlah umat Islam melakukan silaturahmi Hari Raya Idul Fitri dengan keluarganya dengan menggunakan panggilan video secara daring di Jakarta, Kamis (13/5/2021).

Larangan mudik membuat kegiatan silaturahmi Lebaran tahun ini terasa berbeda. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kemenangan sesungguhnya di Idulfitri 1442 Hijriah adalah menjaga orang yang dicintai terhindar dari penularan Covid-19. 

“Kita menjadi pemenang ketika berhasil melindungi orang-orang yang kita cintai dari penularan Covid-19 dengan tidak mudik," katanya saat menyampaikan pesan Idulfitri secara virtual, Kamis (13/5).

Agar tetap terhubung dengan keluarga di kampung halaman, ia meminta masyarakat untuk memanfaatkan teknologi komunikasi. “Saya beserta seluruh keluarga besar Kementerian Kesehatan mengucapkan selamat Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," katanya menutup tayangan video.

Hal senada juga disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono yang juga disampaikan secara virtual. "Kita masih harus menahan diri agar dapat membantu menurunkan kasus Covid-19," katanya.

Dante mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. "Meski wajah tak mampu saling berjumpa, tangan tak bisa menjabat, semoga dengan adanya teknologi komunikasi, kita dapat memanfaatkannya sebagai sarana penyambung tali silaturahim keluarga," katanya.

Lalu, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo berpesan agar masyarakat patuh pada protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah pusat hingga pengurus rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW). "Semoga kita semua mendapatkan perlindungan dari Allah serta terhindar dari ancaman penyakit COVID-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” katanya. 

Sedangkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berpesan kepada masyarakat untuk menunda mudik.  "Bukankah Ramadan yang baru saja kita lalui mengajarkan tentang pentingnya menahan diri, menunda untuk melakukan sesuatu yang kita senangi,” ujarnya.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...