Mochtar Kusumaatmadja Wafat, Perumus Negara Kepulauan RI

Sorta Tobing
7 Juni 2021, 15:14
Mochtar Kusumaatmadja, Menteri luar negeri, Menteri kehakiman
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Prajurit TNI mengusung peti jenazah dari mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja di rumah duka, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Mantan Menteri Luar Negeri Indonesia periode 1978 hingga 1988, Mochtar Kusumaatmadja, meninggal dunia kemarin, Minggu (6/6), pukul 09.00 WIB dalam usia 92 tahun.

Melalui akun Twitter resminya, Kementerian Luar Negeri menyampaikan duka cita atas kepergian Mochtar. “Hari ini, Indonesia berduka. Selamat jalan Bapak Mochtar Kusumaatmadja, jasa-jasa dan pengabdianmu tidak akan lekang oleh waktu. Abadi di benak dan hati kami, selamanya,” cuit @Kemlu_RI. 

Jenazah Mochtar telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, kemarin. Ia dikenal sebagai ahli hukum laut internasional karena berulang kali menjadi ujung tombang Indonesia dalam negosiasi hukum laut.  

Pria kelahiran Jakarta, 17 Februari 1929, itu juga salah satu tokoh kunci yang melahirkan Deklarasi Juanda. Deklarasi pada 13 Desember 1957 tersebut berisi pernyataan kepada dunia bahwa Indonesia menganut prinsip negara kepulauan. Laut antar pulau pun merupakan wilayah negara ini.

Direktur Paramadina Graduate School of Diplomacy, Universitas Paramadina, Dr. Phil. Shiskha Prabawaningtyas menyebut Mochtar sebagai putera bangsa terbaik atas pemikiran yang visioner dan strategis dalam merumuskan konsep negara kepulauan sebagai wujud konsep kedaulatan teritorial Tanah Air.

Konsep negara kepulauan Indonesia akhirnya diakui secara internasional ketika diadopsi sebagai bagian dari tatanan kodifikasi hukum internasional pada 10 Desember 1982 melalui Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations on the Law of the Seas/UNCLOS) di Montego Bay, Jamaica.

Pada akhirnya Indonesia meratifikasi UNCLOS melalui Undang-Undang No. 17 Tahun 1985. "Salam hormat dan ketulusan mendalam atas buah pemikiran Profesor Mochtar Kusumaatmadja yang mewujudkan konsep tanah air melalui wawasan nusantara," tulis Shiskha.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...