Realisasi Produksi Batu Bara hingga Mei Capai 38% dari Target

Image title
7 Juni 2021, 15:58
batu bara, kementerian esdm, produksi batu bara
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi produksi batu bara nasional.

Realisasi produksi batu bara nasional hingga Mei 2021 sebesar 237 juta ton. Angka ini sekitar 38% dari total target produksi tahun ini yang mencapai 625 juta ton.

Sedangkan untuk pemanfaatannya dalam negeri mencapai 51,8 juta ton. Target untuk pemakaian batu bara domestik tahun ini mencapai 137,5 juta ton.

Advertisement

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin mengatakan kondisi cuaca ekstrem dan bencana pada awal tahun ini menjadi tantangan bagi perusahaan tambang

“Namun, kami pastikan kebutuhan batu bara dalam negeri akan tetap terpenuhi," kata dia dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR, Senin (7/6).

Sebagai informasi, pemerintah sebelumnya memutuskan menambah kuota produksi komoditas tambang itu tahun ini sebesar 75 juta menjadi 625 juta ton. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 66.K/HK.02/MEM.B/2021.

Tambahan produksi tersebut  diprioritaskan untuk penjualan ke luar negeri. Produknya tidak dikenakan kewajiban penjualan untuk kepentingan dalam negeri atau domestic market obligation (DMO).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement