Rencana Divestasi Proyek Laut Dalam, SKK Migas Bakal Panggil Chevron

Image title
8 Juni 2021, 16:35
skk migas, chevron, blok migas, migas, idd tahap 2
KATADATA
Ilustrasi. Proyek migas laut dalam atau Indonesia Deepwater Development (IDD) tahap II.

SKK Migas akan memanggil Chevron terkait rencana divestasi proyek minyak dan gas bumi (migas) laut dalam atau Indonesia Deepwater Development (IDD) tahap II. Perusahaan asal Amerika Serikat itu sebelumnya memutuskan hengkang dari proyek tersebut.

Rencana divestasi itu menarik minat perusahaan migas dari Italia, yaitu Eni, yang memiliki fasilitas produksi dekat IDD tahap II. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan pemanggilan itu harapannya dapat memberi kepastian proyek.

Advertisement

"Minggu depan kami akan panggil Chevron untuk mendapatkan progres rencana divestasi," kata Dwi dalam acara peresmian Lapangan Merakes, Selasa (8/6).

Sejauh ini baru Eni calon kuat operator baru proyek IDD tahap II. Perusahaan memiliki fasilitas produksi gas terapung (floating production unit/FPU) di Lapangan Jangkrik, lepas pantai Kalimantan Timur. Fasilitas ini dapat terintegrasi dengan proyek IDD tahap II. 

Sebelumnya, Wakil Komisi VII DPR RI Eddy Suparno mendorong agar proyek IDD bisa berjalan dengan cepat. Sinyal Eni akan masuk ke blok migas tersebut merupakan angin segar untuk investasi sektor ini yang sedang terpuruk.

Eddy tak khawatir dengan kondisi kelebihan pasokan atau oversupply gas yang diproyeksi bakal membanjiri dunia. Pemanfaatan gas dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan domestik. "Karena kebutuhannya besar," kata dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement