Dirut Pertamina: Operasional Kilang Cilacap Tak Terganggu Kebakaran

Sorta Tobing
12 Juni 2021, 15:34
pertamina, kilang, kilang pertamina, migas, bbm, elpiji
ANTARA FOTO/Humas Pertamina/Priyo Widianto/Handout/DA/wsj.
Ilustrasi pemadaman kilang Pertamina yang terbakar.

Operasional kilang Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, tidak terganggu meskipun terjadi kebakaran di tangki T39 semalam. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan kebakaran sudah terkendali.

Satu titik api berhasil dipadamkan. “Ada satu lagi yang masih harus diselesaikan dan teman-teman masih berupaya keras memadamkannya,” kata Nicke dalam konferensi pers di Kantor Pusat Pertamina RU IV Cilacap, Sabtu (12/6). 

Advertisement

Seluruh kilang saat ini beroperasi normal. Produksi bahan bakar minyak (BBM), elpiji, lube base oil, dan petrokimia tidak mengalami masalah. “Yang kedua, komitmen kami kepada konsumen, khususnya benzene (benzena), semua sudah terpenuhi untuk industri,” ujarnya.

Sebagai informasi, tangki yang terbakar pada pukul 19.45 WIB semalam berisi benzena. Senyawa kimia ini merupakan bahan dasar pembuatan produk petrokimia. Pertamina menyebut cadangan benzenanya mencukupi karena masih ada stok di anak usahanya, PT Trans Pacific Petrochemical Indotama alias TPPI.

Fokus badan usaha milik negara (BUMN) Bidang migas itu sekarang adalah menyelesaikan titik kebakaran yang masih terjadi. “Dan yang paling penting, jangan sampai ada korban,” kata Nicke. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement