SIKM: Syarat serta Cara Pembuatannya Mudah dan Cepat

Surat izin keluar-masuk atau SIKM digunakan sebagai syarat perjalanan keluar dan masuk Jakarta selama pembatasan sosial.
Image title
15 Juni 2021, 09:47
SIKM, sikm Jakarta, surat ijin mudik, cara buat sikm, apa itu sikm, sikm adalah
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Ilustrasi. Cara membuat SIKM.

Sejak pandemi Covid-19 terjadi pada tahun lalu, aktivitas manusia menjadi sangat terbatas. Banyak peraturan harus ditaati untuk mencegah penularan virus corona.

Pemerintah pusat dan daerah kompak untuk melakukan pembatasan sosial . Pembatasan ini dilakukan dalam skala kecil maupun skala besar.

Salah satu bentuk pembatasan sosial yang sangat terasa adalah pembatasan keluar masuk ke daerah lain. Semua kepala daerah memiliki kebijakannya masing-maisng terkait aktivitas masyarakat yang hendak keluar dari daerahnya atau masuk ke daerahnya.

Jakarta menjadi kota dengan klaster persebaran Covid-19 yang tinggi. Mobilitas masyarakatnya yang beragam membuat virus ini tumbuh subur di ibu kota.

Advertisement

Untuk membatasi mobilitas tersebut, maka Pemprov DKI Jakarta memberlakukan SIKM untuk siapa saja yang ingin keluar atau masuk Kota Jakarta. Apa itu SIKM dan bagaimana cara untuk memilikinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu SIKM?

Surat izin keluar masuk atau SIKM digunakan sebagai syarat untuk dapat keluar dan masuk Jakarta selama adanya pembatasan sosial. Aturannya tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 47 Tahun 2020.

Keputusan tersebut juga disesuaikan dengan Surat Edaran Ketua Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020. SIKM banyak digunakan saat hari raya besar atau libur panjang, seperti Idulfitri atau Lebaran. Karena itu, banyak yang menyebutnya surat izin mudik atau SKIM mudik.

SIKM diberlakukan untuk warga yang tinggal di luar Jabodetabek yang hendak masuk ke ibu kota. Apabila warga yang hendak masuk Jakarta tapi tidak memiliki SKIM, maka akan diarahkan kembali ke daerah asalnya. Warga yang dapat masuk ke ibu kota harus mengikuti karantina selama dua minggu di tempat yang telah ditentukan oleh Gugus Tugas Covid-19 Jakarta dengan biaya sendiri.

Harapannya dengan adanya peraturan tersebut, maka penularan Covid-19 dapat ditekan. Kebijakan tersebut tidak bertujuan untuk membatasi atau mempersulit aktivitas masyarakat, tapi untuk menjaga agar persebaran virus corona tidak semakin meluas.

Syarat Pemegang SIKM dan Ketentuan SIKM Jakarta

Surat izin keluar masuk ini tidak diberikan begitu saja. Ada syarat untuk pemegang SKIM dan ketentuannya, sesuai Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021. Berikut penjelasan lengkapnya.

Syarat Pemegang SIKM

  1. Untuk pegawai instansi pemerintah, seperti aparatur sipil negara (ASN), pegawai badan usaha milik negara atau badan usaha milik daear (BUMN/BUMD), prajurit TNI, dan anggota Polri harus melampirkan hard file surat izin tertulis yang dikeluarkan oleh pejabat eselon II. Surat izin tertulis tersebut dilengkapi dengan tanda tangan basah atau elektronik sesuai dengan identitas diri dari calon pelaku perjalanan tersebut.
  2. Untuk pegawai swasta, harus melampirkan hard file atau print out surat izin tertulis dari pimpinan perusahaan lengkap dengan tanda tangan basah atau elektronik yang sesuai dengan biodata calon pelaku perjalanan.
  3. Untuk pekerja pada sektor informasi atau masyarakat umum non-pekerja maka harus melampirkan surat izin tertulis dalam bentuk print out dari kepala desa atau lurah, dilengkapi dengan tanda tangan basah atau elektronik sesuai dengan identitas calon pelaku perjalanan.

Ketentuan SIKM Jakarta

Ketentuan dari SIKM adalah sebagai berikut:

  1. Berlaku untuk individu, sehingga hanya ada satu nama dalam surat tersebut.
  2. Diberlakukan untuk satu kali perjalanan pulang dan pergi lintas kota/kabupaten/provinsi/negara.
  3. Sifatnya wajib bagi pelaku perjalanan orang dewasa yang usianya 17 tahun ke atas.

Bagaimana Cara Untuk Mendapatkan SIKM?

Sebelum mengetahui cara membuatnya, ini syarat-syarat mengurus SIKM:

Syarat Domisili Jakarta

Untuk syarat pembuatan SKIM bagi anda yang merupakan warga Jakarta, diantarnya:

  1. Surat pengantar RT dan RW yang menjelaskan tentang aktivitas perjalanan dinas.
  2. Surat keterangan sehat.
  3. Surat keterangan bekerja di Jakarta dari tempat kerja yang diperuntukan untuk perjalanan berulang.
  4. Surat keterangan perjalanan dinas, untuk perjalanan sekali.
  5. Pas foto berwarna.
  6. Scan kartu tanda penduduk atau KTP.

Syarat Domisili Luar Jabodetabek

Untuk yang tinggal di luar Jabodetabek, berikut ini syarat-syaratnya:

  1. Surat pengantar dari desa/kelurahan yang berisi penjelasan aktivitas perjalanan dinas.
  2. Surat pernyataan sehat.
  3. Surat keterangan bekerja di daerah Jakarta dari tempat kerja untuk perjalanan yang berulang.
  4. Surat jaminan dari keluarga atau tempat kerja yang diketahui ketua RT, untuk perjalanan sekali.
  5. Surat rujukan rumah sakit.
  6. Foto berwanra.
  7. Scan KTP.

Selanjutnya, ketika yarat sudah terpenuhi, maka anda bisa lanjut membuat dengan cara membuka laman corona.jakarta.go.id/izin-keluar-masuk-jakarta, kemudian klik opsi “urus perizinan”.

Selanjutnya anda harus mengisikan data dan unggah persyaratan di situs tersebut. Ketika sudah selesai, tunggu sampai SIKM jadi. Apabila permohonan anda di kabulkan, maka anda bisa langsung mencetak surat tersebut.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait