6 Cara Berhenti Merokok Secara Alami dan Permanen

Siti Nur Aeni
17 Juni 2021, 13:14
6 Cara Berhenti Merokok Secara Alami dan Permanen
ANTARA FOTO/Irfan Anshori/foc.
ilustrasi produksi rokok

Perokok di Indonesia jumlahnya sangat tinggi. Bahkan di tengah tingginya infeksi Covid-19,  jumlah perokok relatif sama seperti sebelum pandemi.

Berdasarkan Databoks berikut ini,  sebanyak 48.5% responden dengan pendapatan kurang dari Rp 5 juta tetap merokok di tengah pandemi. Mereka yang memiliki pendapatan di atas Rp 5 juta yang mempertahankan merokok mencapai 53.8%. Angka ini lebih besar dibandingkan mereka yang memutuskan untuk berhenti merokok.

Setiap batang rokok terkandung bahan kimia yang berdampak buruk ke kesehatan. Informasi ini sudah banyak perokok aktif ketahui. Namun, kesadaran tersebut terkadang tidak diimbangi dengan aksi berhenti merokok.

Cara Berhenti Merokok

Beberapa perokok yang ingin berhenti sepenuhnya tidak bisa melakukan ini karena sudah terlanjur kecanduan. Bagi Anda yang berniat berhenti merokok, simak langkah-langkah berikut ini:

1. Tentukan alasan berhenti merekok

Niat adalah kunci utama. Setiap orang memiliki alasan masing-masing untuk berhenti merokok. Apa pun itu, sebaiknya berasal dari diri sendiri.

Tuliskan alasan-alasan tersebut pada selembar kertas atau pada notes di gawai. Baca kembali catatan ini ketika semangat Anda mulai redup.

Bila perlu, sampaikan juga alasan berhenti merokok kepada orang lain. Dengan begitu, apabila Anda lengah atau lupa, ada orang yang mengingatkan. 

2. Merencanakan waktu untuk mulai berhenti merokok

Menentukan waktu yang tepat untuk berhenti merokok menjadi hal yang penting. Patokan ini akan membuat Anda lebih termotivasi. Semakin cepat, semakin baik.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...