Pendaftaran CPNS 2021, Apa Saja Syaratnya?

Sorta Tobing
23 Juni 2021, 15:09
Pendaftaran CPNS 2021, pendaftaran cpns 2021 dibuka kapan, CPNS dan PPPK, Badan Kepegawaian Negara, Formasi CPNS 2021
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Ilustrasi seleksi CPNS 2021.

Setelah lama ditunggu, seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 mulai menemui titik terang. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan rekrutmen calon aparatur sipil negara atau ASN akan dibuka akhir Juni 2021.

Rekrutmen yang dibuka meliputi seleksi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non-Guru. Pelaksanaan rekrutmen calon ASN diperkirakan akan berlangsung sebelum 30 Juni nanti. Namun, tanggal pendaftarannya belum diumumkan secara resmi.

Data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyebut, ASN 2021 yang dibutuhkan sebanyak 1,27 juta orang lebih. Di antaranya meliputi pemerintahan pusat maupun daerah.

Sedangkan jumlah penetapan kebutuhannya baru mencapai 707.622 orang. Angka ini termasuk pegawai pemerintah pusat sebanyak 74.625 orang dan pemerintah daerah 632.997orang. Untuk pemerintah daerah mencakup guru PPPK 531.076 orang, PPPK non-guru 20.960 orang, dan CPNS 80.961 orang.

Instansi Apa Saja yang Buka Seleksi?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyebut, ada 56 kementerian dan lembaga yang membuka seleksi. Selain itu, 34 pemerintah provinsi, 504 pemerintah kabupaten dan kota, serta delapan sekolah kedinasan yang akan melakukan penetapan formasi.

Melansir Tirto.id, berberapa kementerian dipastikan membuka pendaftaran. Di antaranya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Formasi terbanyak CPNS di pemerintah provinsi, khususnya untuk tenaga kesehatan dan jabatan teknis. Antara lain, perawat, dokter, asisten apoteker, perekam medis, apoteker. Lalu, pranata komputer, polisi kehutanan, pengawas benih tanaman, pengelola keuangan dan pengelola pengadaan barang/jasa.

Pada tingkat kabupaten/kota lowongan pekerjaannya antara lain pranata laboratorium kesehatan, penyuluh pertanian, auditor, pengelola pengadaan barang/jasa, pengelola pengelola keuangan, dan verifikator keuangan.

SELEKSI CPNS DI LEBAK
Seleksi CPNS. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Seleksi CPNS 2021 Terbuka untuk Lulusan SMA?

Tjahjo juga menyebutkan, ada beberapa seleksi jabatan yang bisa diikuti oleh lulusan SMA, SMK, dan sederajat pada CPNS 2021. “Untuk (lulusan) SMA itu spesifik, misal untuk penjaga rumah tahanan atau rutan. Itu kan tidak perlu keahlian khusus,” katanya, Rabu (19/5).

Dalam kesempatan lainnya, Juru Bicara Kementerian PANRB, Andi Rahadian juga menyebutkan ada sekitar 20 formasi untuk lulusan SMA, SMK dan sederajat. Antara lain pekerja sosial, penyuluh kehutanan, polisi kehutanan, pengamat gunung api, pemadam kebakaran, dan penjaga rumah tahanan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...