Hasil Lapkeu Pemerintah, Jokowi: Pencapaian Baik di Tahun yang Berat

Rizky Alika
25 Juni 2021, 14:47
jokowi, bpk, pemerintah, laporan keuangan pemerintah pusat, wtp, wajar tanpa pengecualian
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan opini wajar tanpa pengecualian alias WTP atas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP). Presiden Joko Widodo mengatakan, WTP ini merupakan yang kelima kalinya secara berturut-turut, sejak 2016.

Pemerintah, tetap berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas LKPP di tengah pandemi corona. "WTP ini merupakan pencapaian yang baik di tengah tahun yang berat," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/6).

Namun, predikat WTP bukan menjadi tujuan akhir. Pemerintah ingin memastikan uang rakyat digunakan dengan sebaik-baiknya dan dikelola dengan transparan dan akuntabel. Setiap rupiah yang dibelanjakan betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Karena itu, pemerintah akan memerhatikan rekomendasi BPK dalam mengelola pembiayaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Defisit anggaran pun menggunakan sumber pembiayaan yang aman, dilaksanakan secara responsif, serta mendukung kebijakan counter cylical.

Kepala Negara memastikan pembiayaan akan dikelola secara hati-hati, kredibel, dan terukur. Selama pandemi, pemerintah telah berbagai perubahan APBN. Realokasi anggaran pun dilakukan di seluruh jenjang pemerintahan.

Defisit APBN juga dapat melebar di atas 3% selama tiga tahun. "Pelebaran defisit harus kita lakukan mengingat kebutuhan belanja negara makin meningkat untuk penanganan kesehatan dan perekonomian," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...