Cara Unduh Kartu Vaksin Sebagai Syarat Perjalanan Selama PPKM Darurat

Sorta Tobing
1 Juli 2021, 14:30
kartu vaksin, sertifikat vaksin, ppkm mikro, jokowi, covid-19, vaksin virus corona
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/nz
Pekerja sektor pariwisata menunjukkan kartu vaksinasi COVID-19 usai menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Rangkah, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (2/6).

Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat alias PPKM mikro darurat resmi berlaku untuk wilayah Jawa dan Bali mulai tanggal 3 sampai 20 Juli 2021. Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tetap disiplin menjalanan protokol kesehatan agar dapat mencegah penularan Covid-19.

Kepala Negara berharap langkah ini dapat menekan infeksi virus corona dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat. “Seluruh sumber daya yang ada, aparat negara, TNI-Polri, aparatur sipil negara, dokter, dan tenaga kesahatan bahu-membahu bekerja menangani wabah ini,” kata Jokowi dalam konferensi pers siang tadi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/11). 

Advertisement

Berdasarkan keterangan pers Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang diterima Katadata.co.id, PPKM mikro darurat berlaku di 122 kabupaten dan kota. Pengetatan aktivitasnya termasuk 100% bekerja dari rumah alis WfH untuk sektor non-esensial.

Selain itu, seluruh kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara daring alias online. Supermarket, pasar trandisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari, dibatasi jam operasionalnya sampai pukul 20.00 waktu setempat. Kapasitas pengunjung hanya boleh maksimal 50%. Sedangkan apotek dan toko obat dapat buka 24 jam.

Untuk syarat bepergian, pelaku perjalanan domestik yang memakai moda transportasi jarak jauh, seperti pesawat, bus, dan kereta api, harus menunjukkan kartu vaksin. Minimal peaku tersebut telah menerima satu dosis vaksin. 

Syarat lainnya adalah hasil tes usap polymerase chain reaction atau PCR dengan hasil negatif untuk penumpang pesawat. Sampelnya diambil maksimal dua hari sebelum keberangkatan. Sedangkan, moda transportasi lainnya menunjukkan hasil tes antigen yang negatif dengan pengambilan sampel maksimal satu hari sebelum bepergian.

VAKSINASI COVID-19 BAGI TENAGA KESEHATAN DI MANADO
Kartu vaksin. (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/wsj.)
 
 

Apa Itu Kartu Vaksin?

Kartu vaksin adalah selembar kertas yang menunjukkan seseorang telah menerima vaksin virus corona. Bukti ini tak hanya dalam bentuk fisik saja, penerima vaksin juga mendapatkan sertifikat digital. 

Penerima akan menerima sertifikat tersebut, tak lama usai mendapatkan vaksin. Tautannya dikirimkan melalui pesan singkat ke nomor telepon selular yang terdaftar. Pengirim pesan itu bernomor 1199

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement