Gelombang 18 akan Dibuka, Pahami Cara Daftar Kartu Prakerja

Image title
8 Juli 2021, 15:34
Cara daftar Kartu Prakerja online melalui website Kartu Prakerja
prakerja.go.id
Halaman utama website Kartu Prakerja

Kartu Prakerja telah dirintis pemerintah sejak 2020 untuk memberikan pelatihan serta insentif bagi masyarakat Indonesia yang memenuhi persyaratan. Program di bawah Kementerian Ketenagakerjaan ini terutama untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Gelombang pertama telah dibuka pada 11 April 2020 dan terus berlanjut hingga Gelombang 17 yang baru saja ditutup pada tanggal 7 Juni 2021.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir. Masih ada kesempatan untuk mendaftar Kartu Prakerja tahun ini. Dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, pemerintah berencana melanjutkan Program Kartu Prakerja Gelombang 18 yang akan dibuka seiring pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Darurat.

Advertisement

Penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan manfaat pelatihan senilai Rp 1 juta dan insentif pelatihan sebesar Rp 2,4 juta yaitu Rp 600 ribu per bulan untuk empat bulan. Selain itu, penerima Kartu Prakerja juga akan mendapatkan insentif dari survei sebesar Rp 150 ribu untuk tiga kali survei sehingga total manfaat setiap peserta adalah Rp 3,55 juta.

Realisasi program ini hingga 30 Juni 2021 mencapai Rp 10 triliun untuk 2,8 juta peserta. Angka yang sama diproyeksikan juga untuk target semester dua 2021 dengan adanya PPKM Darurat.

Syarat Penerima Kartu Prakerja

Dilansir dari situs resmi Kartu Prakerja, syarat pendaftaran penerimanya adalah:

  • Warga negara Indonesia atau WNI berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Pekerja atau buruh yang sedang mencari kerja, terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK, atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  • Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada badan usaha milik negara (BUMN) atau desa (BUMD).
  • Maksimal 2 nomor induk kependudukan (NIK) dalam 1 kartu keluarga (KK) yang menjadi penerima Kartu Prakerja

Masyarakat yang memenuhi persayaratan tersebut diimbau  mendaftarkan diri sebagai penerima Kartu Prakerja. Tujuannya, untuk dapat mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas, serta mengembangkan kewirausahaan.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Jika masyarakat memenuhi syarat penerima Kartu Prakerja, maka pendaftaran kartu prakerja dapat dilakukan secara online melalui website prakerja.go.id. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Kunjungi prakerja.go.id dan daftarkan diri dengan mengisi data diri. Siapkan e-mail, NIK, nomor KK dan nomor telepon selular atau ponsel yang masih aktif untuk mendaftar.
  2. Setelah berhasil daftar akun dan login, lakukan verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir lalu klik "Lanjutkan".
  3. Lengkapi data diri dan unggah foto e-KTP asli dan berwarna.
  4. Lakukan verifikasi nomor ponsel dengan mengetik kode one-time password  atau OTP yang telah dikirimkan via SMS ke ponsel. Lalu, klik "Verifikasi".
  5. Selanjutnya, isi "Pernyataan Pendaftar" sesuai dengan kondisi.
  6. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik "OK"

Pastikan koneksi internet lancar saat pendaftaran Kartu Prakerja. Setelah mendaftar, peserta diwajibkan untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Simak penjelasan berikut.

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tahapan selanjutnya adalah mengikuti seleksi melalui tes motivasi dan kemampuan dasar. tes motivasi dan kemampuan dasar ini bersifat wajib dan berdurasi maksimal 25 menit. Peserta dapat menggunakan alat bantu seperti kertas, pensil dan/atau pulpen untuk menyelesaikan soal-soal tes.

Pastikan peserta berada di lingkungan yang kondusif dan memiliki jaringan internet yang stabil sebagai penunjang kelancaran pengerjaan. Setelah melakukan pendaftaran dan menyiapkan keperluan tes, peserta dapat klik tombol "Mulai Sekarang" untuk memulai pengerjaan tes.

Setelah selesai mengerjakan, hasil tes akan dievaluasi. Waktu evaluasi berlangsung selama maksimal lima menit. Selanjutnya, peserta akan diarahkan ke tahap seleksi gelombang.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement