Survei: 44,5% Warga Jakarta Pernah Kena Covid, Mayoritas Tanpa Gejala

Sorta Tobing
11 Juli 2021, 10:00
jakarta, covid-19, virus corona, pandemi corona
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis merawat pasien Covid-19 yang menunggu di pelataran untuk mendapatkan tempat tidur perawatan di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu, (23/6).

Hampir separuh atau 44,5% penduduk Jakarta pernah terinfeksi Covid-19. Fakta ini berdasarkan hasil survei serologi kerja sama Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Lembaga Eijkman, dan CDC Indonesia.

Serologi merupakan teknik berbasis imunologi untuk mengukur respons imun terhadap suatu antigen dari sediaan darah seseorang. “Apabila seseorang pernah terpapar pada agen infeksius tertentu, tubuhnya akan terpicu menghasilkan antibodi spesifik yang dapat dideteksi,” tulis survei berjudul Prevalensi Antibodi Positif SARS CoV-2 di DKI Jakarta, Sabtu (10/7).

Survei ini melibatkan 4.919 sampel dari target 5 ribu penduduk usia setahun atau lebih. Sampelnya tersebar di 100 kelurahan di enam wilayah kabupaten atau kota DKI Jakarta.

Pengumpulan data dan spesimen dilakukan pada 15 sampai 31 Maret 2021. Untuk pendeteksian antibodi virus corona alias SARS-CoV-2, para peneliti memakai tes tetracore-luminex.

Dari hasil survei itu sebanyak 53,7% warga Jakarta Pusat telah terinfeksi virus corona. Untuk Jakarta Barat 45,5%, Jakarta Utara 44,5%, Jakarta Selatan 44,4%, Jakarta Timur 40.9%, dan Kepulauan Seribu 39,3%. 

Penduduk yang bermukim di wilayah kumuh lebih banyak pernah terinfeksi. Lalu, kelompok perempuan lebih tinggi jumlahnya daripada laki-laki. 

Dari sisi kelompok umur, yang terbanyak dan pernah terinfeksi di usia 30 sampai 49 tahun. Kelompok yang berisiko tinggi adalah warga dengan indeks massa tubuh dan kadar gula darah tinggi. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...