10 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Dicoba

Image title
13 Juli 2021, 10:01
Makanan Khas Indonesia yang Wajib Dicoba
ANTARA FOTO/Rahmad/rwa.
Pekerja membakar kuliner sate di Sate Geurugok Bireuen (Sagobi), Lhokseumawe, Aceh, Senin ( 18/1).

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki beragam budaya dan hidangan. Tanahnya yang subur untuk ditanami pohon rempah-rempah membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal untuk wisata kuliner.

Beberapa makanan khas negara ini telah mendunia dan mendapat apresiasi dari warga mancanegara. Dari sekian banyak makanan khas Indonesia, berikut ini adalah 10 makanan khas Indonesia yang wajib dicoba.

Advertisement

1. Sate Padang

Makanan khas Indonesia yang wajib dicoba pertama adalah sate padang. Berasal dari Padang, Sumatera Barat, sate ini terkenal dengan bumbunya yang menggugah selera yang berisi rempah-rempah seperti jinten, jahe, lengkuas, dan cabai.

Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan ditumis hingga aromanya harum. Kemudian sebagian bumbu akan digunakan untuk merendam daging sate dan membuat sausnya. Daging yang direndam kemudian dibakar di atas panggangan arang hingga matang dan disajikan diatas piring beserta ketupat serta saus yang lezat.

2. Rawon

Selanjutnya, dari Jawa Timur ada rawon yang kaya rasa. Warna hitam kecoklatan rawon berasal dari keluak, buah pohon kepayang. Sebelum dimasak, keluak harus direbus dan diperam dalam abu selama satu bulan. Langkah ini untuk melakukan fermentasi pada racun keluak yang baru dipetik.

Selain keluak, bumbu lain yang digunakan adalah jahe, kemiri, kunyit, cabai merah, dan garam. Daging direbus bersama bumbu hingga matang dan sedap kemudian disajikan dengan sepiring nasi hangat. Rasa kacang dalam rawon serta perpaduan gurih bumbu dan daging membuat siapa saja jatuh cinta dengan makanan khas Indonesia yang satu ini.

3. Gudeg

Beralih ke Kota Yogyakarta, ada makanan khas Indonesia yang terkenal karena manis dan gurih rasanya. Hidangan gudeg sangat terkenal dan banyak dijual sehingga mendapat julukan Kota Gudeg.

Bahan utama gudeg adalah nangka yang direbus bersama gula aren, santan, daun salam, serai, dan lengkuas, sampai sangat empuk dan tercampur sempurna. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur rebus, potongan ayam, dan sambal goreng krecek yang berisi kulit sapi kenyal.

4. Pempek

Makanan khas yang satu ini berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Pempek terbuat dari adonan ikan yang digiling halus bersama dengan tepung tapioka untuk menambah kekenyalan dan tekstur. Terdapat bermacam-macam jenis pempek mulai dari pempek kapal selam, lenjer, keriting, kulit, hingga lenggang.

Macam jenis pempek memiliki bentuk berbeda serta bahan tambahan sendiri seperti pempek kapal selam yang berisi telur yang dibalut dengan adonan. Pempek digoreng dahulu hingga renyah kemudian disajikan dengan kuah cuko yang asam dan gurih.

5. Bakso

Hidangan bakso dapat ditemukan di seluruh Indonesia dengan berbagai variasi. Pada dasarnya, bakso adalah daging giling yang dicampur tepung dan bumbu kemudian dibulatkan dan direbus hingga matang. Bakso disajikan dengan kuah gurih yang terbuat dari kaldu sapi serta bumbu-bumbu lain.

Mudahnya pembuatan bakso membuat berbagai daerah di Indonesia berkreasi menghasilkan bakso unik yang menarik minat para konsumen. Ada bakso yang dibuat berbentuk kerucut, ada bakso lobster yang menggunakan lobster utuh, dan masih banyak lagi. Bakso paling lezat disajikan saat masih panas, gurihnya mampu membuat ketagihan.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement